Info

Studi: Bercinta Secara Teratur Bisa Turunkan Tekanan Darah

Lihat juga manfaat bercinta setiap pagi.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi gairah seks meningkat. (pixabay)
Ilustrasi gairah seks meningkat. (pixabay)

Himedik.com - Bercinta secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, temuan sebuah studi. Hal ini juga sama efektifnya dengan efek beberapa obat.

Para ilmuwan AS menemukan bercinta bisa menurunkan tekanan darah sama halnya dengan mengonsumsi pil diuretik, sebuah pengobatan umum untuk tekanan darah tinggi.

Peneliti Universitas Negeri Georgia mengatakan, "Semakin orgasme itu menyenangkan, maka semakin turun angka tekanan darah."

Seperti yang dilansir dari dailymail, mereka percaya seks bekerja dengan meningkatkan hormon 'cuddle' oxytocin yang bisa mengurangi stres.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sexual Medicine meneliti relawan yang melakukan hubungan seks sambil mengenakan monitor jantung.

Mereka juga menilai intensitas orgasme, memberi peringkat dari 66 hingga 106 dengan rata-rata 87.

Hasilnya, mereka yang terlibat memiliki tekanan darah sistolik rata-rata 115mmHg pada awal tes. Setelah berhubungan seks, angka itu turun hingga 17 mmHg.

Komunikasi penting dalam bercinta. (Pixabay/sasint / 226 images)
Bercinta di pagi hari membawa beberapa manfaat. (Pixabay/sasint / 226 images)

Nah, jika bercinta secara reguler kamu lakukan setiap pagi, maka ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat, dilansir dari boldsky.

1. Kulit menjadi glowing

Peningkatan produksi estrogen yang terjadi ketika kamu menikmati hubungan seksual di pagi hari bisa sangat bermanfaat bagi kulit karena membuat kulit tampak bercahaya.

2. Penurunan berat badan

Bercinta di pagi hari bisa membuatmu mengalami penurunan berat badan. Pasalnya, seks pagi membakar sekitar 300 kalori per sesinya.

3. Peningkatan dorongan bercinta

Ketika kamu cenderung lebih segar dan lebih energik di pagi hari, pengalaman seksualmu akan meningkat dan juga aliran darah akan menuju ke bagian intim sehingga ini bisa meningkatkan dorongan seksualmu.

4. Imunitas meningkat

Bercinta di pagi hari akan meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan imunoglobulin A (IgA), antibodi yang melawan infeksi. Tigkat IgA ditemukan lebih tinggi pada mereka yang melakukan hubungan seks dua sampai tiga kali seminggu.

5. Sirkulasi darah meningkat

Bercinta di pagi hari akan meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah. Pada wanita, orgasme di pagi hari memicu pelepasan hormon oksitosin yang bertanggung jawab dalam penurunan tekanan darah.

Selain itu, bercinta di pagi hari juga bisa mencegah stroke, mengobati depresi dan mencegah serangan jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini