Info

Nangka, Buah Tropis yang Punya Banyak Manfaat

Yuk, cari tahu apa saja manfaat nangka secara detail dan terperinci

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Nangka punya banyak manfaat bagi tubuh (pixabay)
Nangka punya banyak manfaat bagi tubuh (pixabay)

Himedik.com - Nangka merupakan buah tropis yang memiliki rasa manis yang khas dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan.

Buah ini juga sangat bergizi. Ini adalah bagian dari keluarga tumbuhan Moraceae, yang termasuk buah ara, mulberry, dan sukun.

Salah satu aspek unik dari nangka adalah ukurannya yang luar biasa besar. Ini adalah buah pohon terbesar di dunia dan dapat mencapai hingga 80 pon atau sekitar 35 kg beratnya.

Melansir dari healthline, nangka mampu menahan iklim tropis dan dapat menjadi sumber utama kalori dan karbohidrat bagi orang-orang di negara berkembang. Konon rasanya mirip dengan kombinasi buah-buahan, termasuk apel, nanas, mangga, dan pisang.

Satu cangkir nangka (165 gram) mengandung 92% kalori yang berasal dari karbohidrat sedangkan sisanya berasal dari protein dan lemak dalam jumlah kecil.

Nangka memiliki indeks glikemik yang rendah yang mengandung serat, protein, dan antioksidan yang mampu meningkatkan kontrol gula darah.

Nangka. (pixabay)
Nangka. (pixabay)

Selain itu, nangka juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Karena buah ini mengandung vitamin A dan C, nangka mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit serta mengurangi risiko infeksi virus.

Nangka juga mampu meningkatkan kesehatan kulit karena mengandung beberapa nutrisi dan antioksidan. Sebuah studi mengatakan buah ini dapat memperlambat penuaan kulit.

Nangka memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan potasium, serat dan antioksidannya.

Meskipun aman untuk sebagian besar orang, beberapa orang mungkin perlu membatasi atau menghindari nangka. Orang-orang tertentu alergi terhadapnya, terutama mereka yang alergi terhadap birch pollen.

Selain itu, karena potensinya untuk menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes mungkin perlu mengubah dosis obatnya jika mereka memakan buah ini secara teratur.

Meskipun demikian, mengkonsumsi nangka tidak pernah dilaporkan menyebabkan efek samping yang serius, dan aman bagi kebanyakan orang untuk makan.

Sebagai informasi, biji nangka juga bisa dimakan. Ini dapat dipanggang atau direbus dan kemudian dikombinasikan dengan bumbu. Kamu bahkan dapat menggunakan biji untuk membuat hummus.

Berita Terkait

Berita Terkini