Info

Begini Cara Aman dan Efektif Menggunakan Obat Nyamuk Bakar

Gunakan obat nyamuk bakar di luar ruangan atau di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik untuk mencegah asap terhirup.

Dinar Surya Oktarini

Obat nyamuk bakar. (YouTube/AlaskaGranny)
Obat nyamuk bakar. (YouTube/AlaskaGranny)

Himedik.com - Meski sudah banyak varian obat nyamuk berbentuk spray atau elektrik, penggunaan obat nyamuk bakar masih sering digunakan. Obat pengusir nyamuk ini berbentuk kumparan spiral yang digunakan dengan cara dibakar.

Secara lebih jelasnya cara menggunakan kumparan nyamuk adalah dengan meletakkannya di tengah dudukan kumparan nyamuk yang tahan bakar dan menyalakan ujung terluar spiral.

Ingat, jangan nyalakan di sekitar bahan yang mudah terbakar. Setelah ujungnya dibakar, kumparan nyamuk itu perlahan-lahan akan membara mengeluarkan asap serta aroma yang mengusir nyamuk. Namun, masalahnya amankah jika asap tersebut terhirup?

Dilansir dari Insect Cop, obat nyamuk dibuat dari pasta bubuk pyrethrum kering yang bila dibakar mengeluarkan aroma spesifik yang mengusir nyamuk.

Obat nyamuk bakar. (YouTube/AlaskaGranny)
Obat nyamuk bakar. (YouTube/AlaskaGranny)

Dikarenakan kumparan menghasilkan asap, kamu harus menggunakannya di luar ruangan atau di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik untuk mencegah asap terhirup. Pasalnya menghirup asap obat nyamuk bakar sama seperti halnya menghirup asap rokok.

Meski demikian, berbagai produsen obat nyamuk menggunakan bahan yang berbeda untuk menghasilkan produk mereka, dan beberapa bahkan memiliki zat aktif yang sangat kuat dan dapat menyebabkan seseorang sakit.

Jadi, walaupun kamu sudah meletakkan obat nyamuk bakar di tempat yang memiliki ventilasi udara baik, hal itu belum cukup menjamin keamanannya. Oleh sebab itu mungkin lebih baik menggunakan obat nyamuk lain seperti spray atau lotion pengusir nyamuk.

Berita Terkait

Berita Terkini