Info

Diabetes Bisa Pengaruhi Ereksi? Begini Kata Dokter

Simak tanya jawab dokter dan pasien ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Diabetes/pexels
Diabetes/pexels

Himedik.com - Diabetes merupakan penyakit yang mengakibatkan terlalu banyak kadar gula dalam darah (glukosa darah tinggi). Komplikasi penyakit diabetes dikatakan bisa memengaruhi kesehatan reproduksi, dalam hal ini adalah ereksi.

Mengutip dari doctor.ndtv, seorang pria yang tak disebutkan namanya bertanya pada Dr Bir Singh, Koordinator Klinik Konseling Seks dan Pernikahan, New Delhi.

Berikut isi pertanyaannya.

T: Saya adalah pria berusia 26 tahun yang menderita diabetes selama delapan tahun terakhir. Dari beberapa bulan terakhir, saya mengalami lebih sedikit gairah seks, ereksi yang berkurang.

HbA1c saya pernah mencapai 6,2, 6,5, 6,7 dan terbaru adalah 7,3%. Saya mengonsumsi mixtard 30/70 dua kali, 40 unit (pagi) dan 30 unit (malam), Pinom-10 (Olmesarton Medoxomil) dan kapsul multivitamin Optisulin.

Saat ini saya sibuk mempersiapkan ujian kompetitif dan menderita stres ujian & stres fisik lainnya. Saya sadar bahwa penyebab impotensi, disfungsi dan masalah-masalah lain terkait dengan kesehatan fisik dan psikologis saya.

Dr Bir Singh pun menjawab keluhannya ini.

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

J: Ya, diabetes adalah penyakit yang dapat menyebabkan masalah pada ereksi pria, terlebih lagi jika penyakit ini telah ada selama beberapa tahun (seperti pada kasus Anda) dan tidak terkontrol dengan baik.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda dan memiliki kontrol yang baik terhadap diabetes Anda. Anda juga akan memerlukan beberapa tes lain yang akan menunjukkan penyebab pasti masalah Anda.

Tidak perlu terlalu cemas dan frustrasi. Anda bisa baik-baik saja sebelum menikah jika Anda menjaga pola makan, olahraga teratur, dan obat-obatan.

Berita Terkait

Berita Terkini