Info

Gennya Diubah, Bayi Kembar di China 'Tak Sengaja' Akan Jadi Cerdas

Lulu dan Nana kemungkinan adalah manusia pertama dengan kondisi ini.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi rekayasa genetika - (PIxabay/nikosapelaths)
Ilustrasi rekayasa genetika - (PIxabay/nikosapelaths)

Himedik.com - Gen bayi kembar di China, Lulu dan Nana, telah diubah dengan alat pengeditan gen sebelum lahir. Ilmuwan China, He Jiankui, mengklaim telah mengedit DNA embrio mereka untuk membuat mereka kebal dari penularan HIV, yang menyebabkan AIDS.

Kini, diberitakan NDTV, Sabtu (23/2/2019), para ilmuwan percaya bahwa gadis kembar yang lahir tahun lalu ini telah mengalami peningkatan dalam kemampuan kognisi dan memori selama proses tersebut.

Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa pengeditan dalam DNA seperti yang dialami Lulu dan Nana telah dilakukan pada tikus. Hasilnya, tikus menjadi lebih pintar. Cara ini juga dapat meningkatkan pemulihan otak manusia setelah stroke.

ilustrasi bayi kembar - (Pixabay/1035352)
ilustrasi bayi kembar - (Pixabay/1035352)

MIT Technology Review melaporkan, hasil tak terduga ini disebabkan oleh penghapusan atau mutasi gen yang disebut CCR5, yang dipercaya para peneliti dapat memengaruhi memori dan kemampuan otak untuk membentuk koneksi baru. HIV membutuhkan gen CCR5 untuk memasuki sel darah manusia.

Alcino J Silva, seorang neurobiologis di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa Dr He Jiankui mungkin secara tidak sengaja menciptakan metahuman pertama dengan otak yang mengalami peningkatan.

Meskipun masih harus dibuktikan apakah Lulu dan Nana benar-benar manusia pertama dengan peningkatan otak yang tak sengaja disebabkan oleh pengubahan gen, CRISPR tetap merupakan penggunaan sains dan teknologi yang kontroversial, yang dianggap oleh para kritikus "tidak bertanggung jawab" dan kemungkinan menjadi alasan perlombaan bioteknologi antara China dan AS.

Berita Terkait

Berita Terkini