Info

Pakar Dermatologi Ungkap Mandi Sekali atau Dua Kali Seminggu Sudah Cukup

Terlalu sering mandi justru dapat membuat tubuh seseorang lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi mandi. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi mandi. (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Bagi banyak orang, mandi adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan badan dari bakteri dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas. Namun, menurut sebuah studi baru, cara tersebut mungkin tidak bermanfaat seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Melansir dari techtimes, sebuah tim ahli penyakit menular dari Universitas Columbia telah menemukan bahwa walaupun mandi dapat menghilangkan bau tidak sedap yang telah ditumpuk oleh tubuh sepanjang hari, itu tidak efektif untuk menghilangkan bakteri sebanyak yang diyakini banyak orang.

Faktanya, rekan penulis studi Dr. Elaine Larson dari School of Nursing Columbia mengatakan mencuci tangan secara teratur bahkan mungkin lebih bermanfaat dalam menjaga orang terlindung dari penyakit.

Bahkan menurut penelitian baru, terlalu sering mandi justru dapat membuat tubuh seseorang lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan karena sering membuat kulit kering dan pecah-pecah. Bukan pada kulit ini memberikan bakteri dan mikroba penyebab infeksi cara untuk memasuki tubuh.

Larson menunjukkan bahwa ini sering terjadi pada orang lanjut usia karena kulit mereka menjadi kurang terhidrasi dan lebih tipis, membuat mereka lebih mungkin untuk tertular infeksi.

Ilustrasi mandi. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi mandi. (Pixabay/Pexels)

C. Brandon Mitchell, asisten profesor dermatologi dari George Washington University, setuju dengan pengamatan para peneliti Universitas Columbia bahwa banyak orang cenderung terlalu sering mandi.

Dia menjelaskan bahwa mencuci kulit dapat menghilangkan minyak alami serta populasi bakteri menguntungkan, yang sebenarnya mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dia juga menggemakan saran Larson untuk menghindari penggunaan terlalu banyak pembersih antibakteri selama mandi. Mitchell menambahkan bahwa dalam hal kesehatan masyarakat, mandi sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

Area-area yang orang harus fokuskan untuk membersihkan selama mandi termasuk ketiak, selangkangan dan bokong, yang dikatakan Mitchell adalah area yang menghasilkan sekresi yang memiliki bau yang kuat. Sejauh bagian tubuh lainnya, mereka tidak memerlukan terlalu banyak sabun.

"Tubuhmu secara alami adalah mesin yang diminyaki dengan baik. Mandi harian tidak diperlukan," kata Mitchell.

Wah, jadi tidak perlu sering-sering mandi nih guys! Seminggu sekali, cukup katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini