Info

Jangan Dibiasakan! Tak Segera Cuci Piring Kotor Bikin Kuman Tersebar

Siapa nih yang suka menunda mencuci piring?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Tumpukan piring kotor - (Pixabay/chefkeem)
Tumpukan piring kotor - (Pixabay/chefkeem)

Himedik.com - Kebiasaan tak segera mencuci piring hingga menumpuk peralatan dapur yang kotor banyak terjadi di rumah-rumah. Padahal, tumpukan piring kotor itu menyebabkan kuman tersebar di seluruh rumah jika dibiarkan terlalu lama.

''Pada akhirnya, jika Anda membiarkan piring kotor, dan ada orang di rumah, dan mungkin hewan, mereka cenderung menyebarkan bakteri di rumah,'' kata psikolog kesehatan Perth, Associate Professor Barbara Mullan, dikutip HiMedik.com dari ABC News.

''Bakteri akan tetap hidup di permukaan, bahkan permukaan yang bersih, hingga empat hari,'' tambahnya. ''Jadi pada piring yang terkontaminasi partikel makanan, bakteri dapat tetap hidup untuk waktu yang sangat lama.''

Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, membiarkan tumpukan piring kotor di wastafel sama dengan menyebarkan bakteri dan bisa meningkatkan risiko masalah pencernaan.

Mullan mengatakan, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa piring yang dibersihkan dengan mesin pencuci piring adalah yang paling bersih.

Mesin pencuci piring - (Pixabay/rudolf_langer)
Mesin pencuci piring - (Pixabay/rudolf_langer)

''Piring yang dibiarkan di mesin pencuci piring tidak terlalu menjadi masalah karena sudah terlindungi,'' katanya. ''Anda tidak mungkin meminta seseorang membukanya, menyentuh piring kotor, dan memindahkan bakteri di sekitar rumah.''

Namun, jika Anda mencuci peralatan dapur secara manual, Profesor Mullan menawarkan tips berikut:

1. Siapkan air sepanasnya, tapi yang Anda bisa tahan (pakai sarung tangan karet).

2. Gunakan deterjen dan semacam scrub atau sikat sehingga Anda benar-benar menghilangkan partikel makanan dengan kekuatan kasar.

3. Gunakan serbet bersih, karena serbet itu sudah pasti benda paling kotor di dapur.

Mencuci peralatan makan - (Pixabay/Free-Photos)
Mencuci peralatan makan - (Pixabay/Free-Photos)

Cara terbaik untuk menjaga serbet tetap bersih, selain menggantinya secara teratur, adalah dengan microwave.

''Kedengarannya agak aneh, tetapi jika Anda membilasnya, sehingga tidak ada makanan yang menempel, dan memasukkannya ke dalam microwave selama satu menit, Anda dapat menggunakan serbet itu tanpa batas waktu,'' kata Mullan.

Dari sudut pandang kebersihan, merendam piring kotor di wastafel juga tidak baik.

''Anda memasukkan piring ke suhu air di bawah 60 derajat, dan itulah tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri,'' terang Mullan.

''Anda akan membuat 'sup bakteri', lalu Anda akan memasukkan tangan Anda ke wastafel untuk menarik steker dan mencuci piring, dan jika Anda tidak mencuci tangan dengan benar, Anda akan mencemari dapur.''

Mullan mengingatkan, satu-satunya solusi nyata adalah segera mencuci piring yang kotor.

Berita Terkait

Berita Terkini