Info

Simak 3 Alasan Mengapa Banyak Orang Pilih Berobat ke Singapura

Inilah alasan banyak orang Indonesia memilih berobat ke Singapura!

Vika Widiastuti

Ilustrasi fasilitas rumah sakit. (pixabay)
Ilustrasi fasilitas rumah sakit. (pixabay)

Himedik.com - Singapura menjadi salah satu negara di Asia tujuan untuk berobat, selain Thailand dan Malaysia. Dalam 10 tahun, sektor pelayanan kesehatan di Singapura mengalami perkembangan hingga berada di posisi terdepan dalam pelayanan medis untuk pasien luar negeri. Tidak hanya di kawasan Asia, melainkan juga di seluruh dunia. 

Bahkan, pada 2014, Bloomberg menempatkan Singapura di posisi ke-51 sebagai negara dengan sistem pelayanan kesehatan terbaik di dunia.

Kemudian, World Health Organization (WHO) menempatkan Singapura di posisi ke-6 di dunia untuk kategori sistem pelayanan kesehatan terbaik selama beberapa tahun berturut-turut. Singapura berhasil melampaui negara-negara lainnya, seperti Austria (posisi ke-9), Jerman (posisi ke-25), dan Israel (posisi ke-28).

Berdasarakan capaian tersebut, maka tak heran orang Indonesia, sebagai negara tetangga memilih berobat ke Singapura. Namun di antara catatan di atas, ada alasan utama lain mengapa banyak orang berobat ke Singapura. Dirangkum Suara.com siaran pers Go.Care, inilah alasan banyak orang Indonesia memilih berobat ke Singapura.

Ilustrasi operasi mata [shutterstock]
Ilustrasi operasi [shutterstock]

Pelayanan kesehatan berkualitas tinggi

Singapura dikenal sebagai salah satu negara tujuan wisata medis yang memiliki pelayanan kesehatan berkualitas dan modern. Sejumlah ahli medis di Singapura selalu berusaha memperbarui metode kesehatannya. Hal ini membantu mereka agar dapat menyaingi India dan Thailand dalam industri wisata medis. Misalnya, Singapura terus mengembangkan metode pengobatan penyakit kanker yang tidak tersedia di negara lain.

Memang jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia, seperti Malaysia, Thailand, dan India, biaya pengobatan di Singapura cenderung sedikit lebih mahal. Untuk prosedur pembedahan, misalnya, biaya di Singapura relatif lebih mahal dibandingkan Malaysia dan Thailand. Namun, jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, seperti Amerika Serikat atau negara-negara di Eropa, Singapura tergolong sebagai negara dengan biaya pengobatan yang terjangkau.

Memiliki peralatan teknologi medis terkini

Dalam undang-undang kesehatan setempat, pembaruan teknologi medis di sejumlah rumah sakit di Singapura menjadi hal yang perlu dilakukan sesering mungkin. Rumah sakit di sana dilengkapi dengan peralatan teknologi medis dan sistem pengobatan terkini.

Kualitas dokter dan staf medis

Singapura memiliki tenaga medis yang sangat terampil. Ada lebih dari 11,500 dokter di Singapura yang telah menjalani pelatihan berskala internasional di Amerika Serikat dan di negara-negara Eropa Barat. Begitu pula untuk para perawat diberikan pelatihan khusus sehingga memiliki kemampuan yang kompeten. Mulai dari menggunakan peralatan medis dengan teknologi terkini hingga pelatihan memberikan dukungan psikologis kepada pasien dan keluarga.

Seluruh dokter, perawat, dan tenaga medis terdaftar dalam Singapore’s Medical Council, Singapore Pharmacy Board, Singapore Dental Council, dan Singapore Nursing Board. Data yang disebutkan oleh Singapore Business Review menyebutkan bahwa saat ini Singapura telah memiliki sejumlah 12,459 orang dokter dan 29,894 orang perawat.

(Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini