Info

Kafein Bantu Meringankan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Simak penjelasan para ahli tentang efek kafein terhadap sakit kepala!

Vika Widiastuti

ilustrasi sakit kepala - (Pixabay/Berzin)
ilustrasi sakit kepala - (Pixabay/Berzin)

3. Pilih yang punya sumber kafein sedikit

Kopi, teh, coklat, dan soda adalah beberapa sumber kafein yang paling umum. Ransbury mengatakan, salah satu dari sumber-sumber itu seharusnya tidak membuat perbedaan, meskipun dia juga menyarankan untuk berhati-hati ketika berbicara tentang minuman energi, karena terlalu banyak mengonsumsi minuman energi juga dikaitkan langsung dengan kondisi kejang, hingga stroke seketika.

Rajneesh menyarankan untuk menghindari minuman energi sepenuhnya karena banyak mengandung neurostimulan yang dapat memperburuk sakit kepala Anda.

Yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah kafein dalam sumbernya. Ransbury mengatakan, kopi mengandung sekitar 106 hingga 164 miligram kafein per 5 ons cangkir, sementara sekaleng soda berkafein 12 ons mengandung 38 hingga 46 miligram.

"Saya pikir dari semua itu, kopi mungkin yang paling jinak," tambah Rajneesh, mencatat bahwa soda mengandung gula dan bahan kimia, variabel yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda (dan sakit kepala).

Ilustrasi bubuk kopi (Pixabay/eliasfalla)
Ilustrasi bubuk kopi (Pixabay/eliasfalla)

 


4. Obat sakit kepala terbaik tergantung pada individu

Beberapa orang mengatakan, sakit kepala mereka sembuh hanya dengan ibuprofen dan tidur siang, sementara yang lain memilih meletakkan kompres dingin di atas mata mereka selama beberapa menit untuk meredakan sakit kepala.

Ya, setiap orang berbeda, dan berbagai jenis sakit kepala akan merespons  dengan cara berbeda pula untuk berbagai jenis perawatan. Rajneesh mengatakan, dia kemungkinan besar akan lebih dulu memilih kafein dalam bentuk kopi daripada obat yang dijual bebas karena dia menganggap kopi sebagai pilihan yang lebih alami.

Untuk pasien, dia mengatakan, dia pertama kali merekomendasikan apa yang disebutnya sebagai modifikasi gaya hidup, yang mencakup menyesuaikan jadwal tidur, mempertahankan hidrasi dan memasukkan olahraga dalam jumlah sedang ke dalam rutinitas. 

Sebelum mempertimbangkan pengobatan, Rajneesh mengatakan penting untuk mencoba mencari tahu apa Anda lakukan dalam hidup sehingga dapat menyebabkan sakit kepala dan membuat perubahan dari sana.  

"Kurang tidur, diet yang sehat dan olahraga semuanya dapat berkontribusi untuk merasa tidak seimbang, yang termasuk sakit kepala. Tentu saja ada cara yang lebih cepat untuk meredakan sakit kepala. Banyak pengobatan bebas kafein dan alami, termasuk mematikan lampu, bersantai di ruang yang tenang dan mandi air hangat," serunya.

"Hindari juga makanan berat, alkohol, nikotin, waktu layar yang berlebihan dan bahkan terlalu banyak kafein juga cukup untuk meringankan rasa sakit," pungkas Rajneesh.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini