Info

Efektif, Ini 6 Tips Meningkatkan Kesehatan Mata

Cek yuk!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Mata (unsplash)
Mata (unsplash)

Himedik.com - Mata memiliki kemampuan yang sama dengan otak, yakni neurogenesis atau meregenerasi sel. Hal Ini berarti secara berkala sel akan terus berganti

Sejatinya, kesehatan mata sangat penting untuk dijaga sehingga regenerasi sel akan berjalan dengan baik. HiMedik melansir dari medicaldaily, ada 6 cara meningkatkan kesehatan mata.

1. Menghindari diet standar Amerika.

Ini sering disebut sebagai "diet Barat". Diet ini merupakan faktor risiko yang pasti untuk degenerasi makula terkait usia, yang kemudian dapat menyebabkan hiperglikemia dan dengan sendirinya dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya.

Jadi daripada diet Amerika, pilihlah diet dengan makanan padat nutrisi yang tidak memiliki karbohidrat olahan dan gula tambahan.

2. Dapatkan antioksidan yang cukup.

Bagian mata yang disebut retina memiliki konsentrasi asam lemak tak jenuh yang tinggi. Ini berarti bahwa ia rentan terhadap kerusakan oksidatif dan untuk membantu mencegahnya, kamu perlu menimbun antioksidan dari makanan. Ini termasuk karotenoid, vitamin C dan vitamin E, yang semuanya dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

Ilustrasi pakai kacamata (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi pakai kacamata (Pixabay/Free-Photos)

 

3. Hindari kekurangan vitamin A.

Sebagai komponen penting dari protein rhodopsin, kekurangan vitamin A dapat sangat memengaruhi penglihatan kita, membuat kita lebih rentan terhadap kebutaan dan sindrom mata kering. Ini dapat ditemukan dalam makanan hewani, seperti makanan laut, produk susu berlemak dan kuning telur.

4. Dapatkan banyak Vitamin D.

Reseptor untuk vitamin tersebut dapat ditemukan di berbagai bagian mata kita, seperti retina dan epitel pigmen retina. Tanpa Vitamin D, reseptor ini tidak akan dapat mengatur sistem peradangan dan antioksidan.

5. Konsumsi asam lemak omega-3.

Asam lemak Omega-3, seperti asam docosahexaenoic (DHA), penting untuk fungsi okular yang sehat. Namun, terlalu banyak juga bisa berbahaya, sehingga perlu dijaga agar tetap sehat.

6. Coba Nutraceuticals.

Ini adalah makanan dan suplemen fungsional yang bila dikonsumsi secara teratur dapat sangat membantu meningkatkan kesehatan mata kita. Ini termasuk billberry, ginkgo, koenzim Q10, curcumin dan asam alfa-lipoat.

Berita Terkait

Berita Terkini