Info

Waspada, Ini 5 Penyakit Paling Umum Selama Musim Kemarau

Waspada 5 penyakit musim kemarau ini ya.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi sakit mata (pixabay)
Ilustrasi sakit mata (pixabay)

Himedik.com - Musim hujan dan kemarau sama-sama menawarkan kebaikan dan keburukannya. Memasuki musim kemarau, satu hal penting yang harus kita waspadai adalah penyakit.

Mewaspadai penyakit yang bisa saja muncul di musim ini bisa membantu kita terhindari dari ancaman kesehatan. Melansir dari weatherph.org, berikut 5 penyakit paling umum selama musim kemarau.

1. Penyakit kulit

Penyakit kulit sering terjadi selama musim kemarau karena kadang-kadang, kulit bereaksi terhadap perubahan cuaca.

Ini juga bisa disebabkan oleh iritasi dari kolam renang dan air pantai yang bersentuhan dengan kulit. Kamu dapat menghindari ini dengan mandi secara teratur dan mempraktikkan kebersihan yang benar.

2. Diare dan muntah

Akibat suhu yang meningkat, makanan yang kamu makan rentan terhadap kontaminasi. Jika dikonsumsi, ini dapat menyebabkan keracunan makanan, di antaranya diare dan muntah. Pastikan makananmu bersih dan terhindar dari segala kontaminasi.

Ilustrasi batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi batuk. (Shutterstock)

3. Sakit mata

Udara yang kering di musim panas membuat mata rentan terhadap debu dan polusi udara. Mata merah dan gatal paling sering terjadi di saat ini. Utamakan kebersihan tangan dan minimalkan kontak tangan ke mata.

4. Batuk dan pilek

Perubahan kondisi cuaca dapat menyebabkan penyakit seperti batuk dan pilek. Untuk mengatasi ini, siap selalu perlengkapan hujan sebelum kamu keluar rumah.

5. Kulit terbakar

Sengatan matahari bisa membuat beberapa orang mengalami kulit iritas. Untuk menghindari ini, gunakan selalu tabir surya sebelum keluar rumah. Ini bisa membuat kulit tetap terhidrasi jika berada di luar ruangan.

Berita Terkait

Berita Terkini