Info

Langsung Mandi Saat Bangun untuk Sahur, Waspada Ini yang Terjadi pada Tubuh

Bolehkah langsung mandi begitu bangun dari tidur?

Vika Widiastuti

Ilustrasi mandi - (Pixabay/giselaatje)
Ilustrasi mandi - (Pixabay/giselaatje)

Nah, saat Anda langsung mandi begitu bangun tidur untuk sahur, denyut jantung masih rileks. Belum mempersiapkan untuk memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh. Akibatnya, tekanan darah Anda menjadi lebih rendah dari seharusnya.

Anda mungkin akan merasakan pusing yang muncul tiba-tiba. Ini disebabkan oleh otak kekurangan aliran darah kaya oksigen.

Jantung pun merespons kondisi ini dengan berdetak lebih kencang agar suplai darah ke seluruh tubuh tetap terpenuhi. Hal ini berakibat pada jantung yang berdebar lebih kencang dari biasanya.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi: bangun tidur untuk sahur. (Sumber: Shutterstock)

Pada kasus yang lebih parah, langsung mandi setelah bangun tidur dapat menyebabkan hipotensi ortostatik.

Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak sempat menyuplai darah menuju otak karena Anda berdiri secara mendadak dari posisi awal duduk atau berbaring.

Hipotensi ortostatik biasanya tidak berlangsung lama. Namun, kondisi ini juga bisa menimbulkan komplikasi berupa stroke, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, pingsan, hingga kematian akibat gagal jantung.

Mandi sebelum makan sahur sebenarnya tidak jadi masalah asalkan Anda memberikan waktu bagi tubuh untuk mengembalikan fungsi normalnya, tidak langsung begitu saja.

Lalu, seperti apa cara yang tepat bila Anda ingin mandi setelah bangun pagi untuk sahur? Simak di halaman selanjutnya.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini