Info

Dihindari Penderita Darah Tinggi, Ketahui 5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan

Melinjo termasuk biji-bijian bergizi kaya antioksidan yang dapat meningkatkan stamina.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi melinjo. (Pixabay/Gracia31)
Ilustrasi melinjo. (Pixabay/Gracia31)

Himedik.com - Masyarakat Indonesia pasti tak asing dengan buah melinjo. Buah, bahkan daun melinjo kerap diolah jadi campuran makanan.

Buah melinjo ini dikenal dengan berbagai macam nama lain, Gnemon (Melayu), Peesae (Thailand), Sikau / sukau (Fiji) dan Tulip (Papua New Guinea).

Melinjo juga sering dikaitkan dengan penyakit tekanan darah tinggi karena penderita biasanya diminta untuk menghindari emping dan sejenisnya. Padahal melinjo dan kulitnya memiliki banyak manfaat kesehatan pada tubuh manusia.

Melansir dari fruitsinfo.com, melinjo termasuk biji-bijian bergizi kaya antioksidan yang dapat meningkatkan stamina.

Awalnya, tanaman ini dipercaya ampuh mengobati gigitan anjing. Seiring berjalannya waktu, melinjo pun dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit, terutama anemia.

Kandungan protein dalam melinjo juga membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa antioksidan dalam melinjo setara dengan antioksidan vitamin C. Hal itulah yang membuah buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ilustrasi buah melinjo (Pexels/Israel Garcia)
Ilustrasi buah melinjo (Pexels/Israel Garcia)

 

Selain itu, melinjo dilansir dari hellosehat.com juga memiliki banyak manfaat lainnya pada tubuh.

1. Menjaga kesehatan otak

Kulit melinjo dapat mencegah dan mengatasi radikal bebas yang terjadi dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh inilah yang bisa memengaruhi fungsi saraf dan otak.

2. Membantu pertumbuhan

Zat mineral dalam kulit melinjo dapat membantu mencegah masalah pada sistem otot dan tulang serta menjaga kesehatan jantung.

3. Mengatur suhu tubuh

Melinjo dan kulitnya juga membantu tubuh agar menjaga suhunya tetap stabil dengan cara mempertahankan fungsi metabolisme serta enzim agar tetap stabil di lingkungan bersuhu ekstrem.

4. Menjaga kesehatan kulit

Jerawat bisa menjadi luka di permukaan wajah, oleh karena itu melinjo dan kulitnya juga baik untuk mengatasi jerawat.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan fosfor dalam kulit melinjo juga membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu mengatur kadar garam dan lemak, serta membantu ginjal untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini