Info

Kamus Harus Coba! 7 Kegiatan Nyeleneh Ini Ternyata Bikin Otak Cerdas

Cara ini membuat otak Anda berfungsi secara berbeda.

Vika Widiastuti

Ilustrasi mandi. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi mandi. (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Sebagai bagian penting dari tubuh, sudah seharusnya otak dijaga kesehatannya. Beberapa latihan pun dipercaya bisa meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari thehealthsite, ada beberapa kegiatan melatih otak yang bisa Anda lakukan. Meski tampak sedikit aneh, perubahan kecil ini bisa memaksa otak Anda untuk berfungsi secara berbeda sehingga lebih banyak berlatih.

Berikut beberapa hal yang ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak.

1. Tutup mata saat mandi

Cobalah menyalakan shower dengan mata tertutup. Lalu mulailah mandi sambil menutup mata. Tangan Anda akan merasakan tekstur tubuh Anda sendiri. Menutup mata juga meningkatkan daya ingat Anda.

2. Ganti tempat

Ganti tempat duduk atau posisi Anda dengan orang yang dikenal. Ubah juga pandangan Anda tentang ruangan, bahkan cara Anda meraih garam dan merica. Setiap orang biasanya memiliki kursi 'sendiri' dalam keluarga atau kantor. Saat Anda bertukar tempat, otak akan mendapatkan manfaat dengan memiliki pengalaman yang berbeda.

3. Rasakan perbedaan

Tempatkan beberapa koin di kantong dan cobalah menentukan nilanya hanya dengan merasakannya menggunakan sentuhan tangan.

Otak kita secara teratur mengandalkan isyarat visual untuk memahami perbedaan antara berbagai objek. Namun, saat Anda menggunakan kemampuan setuhan akan meningkatkan aktivitas di daerah kortikal yang memproses informasi sentuhan dan mengarah ke sinapsis yang lebih kuat.

Ilustrasi koin, uang logam. (Shutterstock)
Ilustrasi koin, uang logam. (Shutterstock)

4. Lakukan hal ini saat belanja

Saat berbelanja, pergilah ke lorong yang biasanya tidak Anda kunjungi. Lalu, lihatlah rak dari atas ke bawah. Jika ada sesuatu yang belum pernah Anda lihat sebelumnya, coba atau pikirkan. Saat Anda melakukan sesuatu yang baru di luar rutinitas, Anda akan memahami sesuatu yang baru.

5. Lakukan rutinitas pagi hari yang berbeda

Hentikan rutinitas pagi yang biasa Anda lakukan. Misalnya jika Anda menyikat gigi sebelum mandi, coba untuk melakukannya setelah mandi. Anda juga bisa mengajak anjing peliharaan Anda jalan-jalan.

Hal baru yang Anda lakukan akan melatih area korteks yang luas dan meningkatkan aktivitas otak di area yang berbeda. Sebaliknya, saat kita mengikuti pola yang sama setiap hari, kemungkinan aktivitas otak akan menurun dan itu menjadi kebiasaan.

6. Buat koneksi baru

Simpan ekstrak aroma favorit Anda di samping tempat tidur selama seminggu. Buka tutup botolnya dan hirup aromnya saat pertama kali bangun. Lakukan sekali lagi saat mandi dan berpakaian.

Menghubungkan aroma baru seperti vanila, jeruk, atau peppermint ke aktivitas. Dengan cara ini, Anda akan memberi tahu jalur saraf baru.

7. Cukup bersosialisasi

Jangan ragu untuk membeli minuman di supermaket dibanding pada mesin penjual otomatis. Sebab, penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa kekurangan hubungan sosial akan memberikan banyak efek negatif pada kemampuan kognitif Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini