Info

Penting! Ini Manfaat Vitamin D untuk Pasien Diabetes

Bagaimana cara vitamin D bermanfaat untuk mengendalikan penyakit diabetes?

Vika Widiastuti

Diabetes. (pixabay/Tumisu)
Diabetes. (pixabay/Tumisu)

Himedik.com - Vitamin D bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi masih banyak lagi

Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bukan itu saja, vitamin D ternyata membantu mengendalikan diabetes, menurut American Diabetes Association.

Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin ini juga terkandung dalam makanan seperti salmon, tuna, mackerel, susu, kedelai, keju, kuning telur, jus jeruk, dan sereal.

Bahkan menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, kekurangan vitamin dapat membuat tubuh berisiko mengalami diabetes tipe 2. Lalu berapa ukuran ideal vitamin D dalam tubuh? Jawabannya adalah antara 20 nanogram/mililiter hingga 50 nanogram/mililiter.

Selain membantu penyerapan kalsium, vitamin D juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi, pertumbuhan sel, fungsi otot, dan mengurangi peradangan. Menurut dokter, hati merupakan produsen yang mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif.

Lalu bagaimana cara vitamin D bermanfaat untuk mengendalikan penyakit diabetes? Dilansir dari thehealthsite, hal itu karena vitamin D akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin dan menjaga berat badan Anda di bawah kendali.

Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

 

Hal ini karena obesitas menjadi salah satu alasan di balik diabetes. Vitamin D membantu mengurangi kadar hormon paratiroid (PTH) yang benar-benar menjaga berat badan di bawah kendali.

Vitamin D juga mencegah peradangan. Peradangan berpotensi menyebabkan diebetes. Caranya adalah vitamin D melindungi sel dari menerima sinyal yang memicu peradangan.

Bukan itu saja, vitamin D juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Medicine, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh rusak.

Berita Terkait

Berita Terkini