Info

Jangan Sepelekan, Ini Tanda Jika Nyeri Punggung Anda Gejala Penyakit Serius

Nyeri punggung yang tidak berkesudahan juga bisa jadi tanda penyakit serius

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)

Himedik.com - Nyeri punggung juga bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang lebih serius sedang terjadi jika dibarengi dengan gejala lain pada tubuh.

Melansir Insider, dua pakar kesehatan membagikan 5 tanda yang mengindikasikan nyeri punggung yang Anda alami bukanlah sakit punggung biasa atau gejala penyakit tertentu.

1. Nyeri memengaruhi kaki, pinggul dan glutes

Sakit karena otot tertarik mungkin akan terasa dalam beberapa hari. Tetapi jika rasa sakitnya tidak hilang dan Anda mengalami sakit kaki atau punggung yang intens, Dr. Allen Conrad, BS, DC, CSCC, pemilik Montgomery County Chiropractic Center mengatakan kemungkinan Anda mungkin menderita disk herniasi.

Selain itu, Grayson Wickham, PT, DPT, CSCS, seorang ahli terapi fisik dan pendiri Movement Vault mengatakan, kelemahan pada pinggul, kaki, glutes, atau otot-otot kaki dapat mengarah ke cakram tulang belakang yang terluka, lagi-lagi menekan saraf skiatik yang menyebabkan gejala-gejala ini.

Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)

2. Nyeri punggung tidak hilang walau sudah diobati

Fraktur stres (tulang retak) terjadi akibat cedera atau trauma yang berlebihan.

Jika Anda berurusan dengan fraktur stres pada tulang belakang , Conrad mengatakan Anda kemungkinan besar akan mengalami nyeri punggung persisten yang tidak akan hilang dengan semua jenis perawatan.

"Patah tulang kecil di tulang ini tidak akan sembuh sampai daerah itu dibenarkan," jelasnya.

3. Rasa sakit di ginjal

Selain gejala mirip flu, infeksi ginjal juga dapat menyebabkan nyeri punggung persisten.

"Nyeri ini umumnya terkait di daerah sayap punggung di kedua sisi, di bawah sisi tulang rusuk," jelas Conrad.

Rasa sakit bisa datang tiba-tiba atau menumpuk seiring waktu.

Penyakit ini juga menunjukkan rasa sakit ginjal mungkin memiliki rasa sakit yang tajam jika Anda mendorong pada sisi punggung Anda yang tumpang tindih dengan ginjal.

4. Mulas dibarengi sakit punggung

Ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan Anda, lapisan kerongkongan seringkali terasa iritasi. Ketika ini terjadi, banyak orang mengalami mulas.

Rasa sakit ini dikenal sebagai Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD. Conrad mengatakan ini dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan punggung bagian atas hingga tengah, yang biasanya dikaitkan dengan makanan tertentu yang Anda makan.

5. Mengalami mati rasa, kesemutan dan sensasi terbakar

Jika Anda mengalami mati rasa, kesemutan, atau rasa sakit yang membakar di punggung atau kaki Anda, Wickham mengatakan ini semua adalah gejala sakit saraf.

"Ini adalah tanda bahwa Anda mungkin mengalami cedera pada tulang belakang , yang kemudian menekan saraf skiatik Anda yang menyebabkan gejala-gejala ini," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini