Info

Air Rebusan Daun Tapak Dara Ampuh Sembuhkan Kanker? Ini Faktanya!

Fakta dan manfaat tanaman tapak dara untuk sembuhkan kanker dan sejumlah penyakit lainnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat tanaman tapak dara (Pexels/Pixabay)
Manfaat tanaman tapak dara (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Baru-baru ini tanaman tapak dara yang sudah tak asing di Indonesia menghebohkan pengguna Facebook. Tanaman yang mudah ditemukan di halaman rumah atau semak-semak ini disebut berguna untuk penderita kanker.

Banyak orang mempercayai tanaman tapak dara ini dapat menyembuhkan penyakit kanker. Salah satunya Nieng Mutiara Nasa yang mengunggah air rebusan tapak dara beserta tanamannya.

Melalui unggahannya, ia berusaha meyakinkan bahwa minum air rebusan tapak dara sudah terbukti ampuh mengobati kanker.

"Siapa yg punya tanaman bunga ini. Ini diambil daunnya direbus bisa dan manjur sekali untuk pengobatan sakit kanker, sudah ada bukti saudara teman aku asal negara pilipina bisa sembuh total," tulis Nieng di Facebook.

Bahkan ia juga meyakinkan bahwa air rebusan daun tapak dara juga sangat bagus untuk pasien kanker leukemia jenis apapun. meskipun minum air ini terasa sangat pahit.

"Ada tambahan info ternyata bunga ini untuk semua jenis kanker ganas leukemia jangan ragu untuk meminumnya tapi rasanya pait banget seperti paitnya empedu," tambahnya.

Manfaat tanaman tapak dara (Facebook/Nieng Mutiara Nasa)
Manfaat tanaman tapak dara (Facebook/Nieng Mutiara Nasa)

Melansir dari Royal Botanic Garden, tanaman tapak dara ini juga dikenal sebagai periwinkle Madagaskar atau Vinca Rosea.

Tanaman ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok sejak lama guna mengobati berbagai macam penyakit, seperti diabetes hingga depresi.

Temuan terbaru, tanaman ini juga mengandung senyawa khusus yang memiliki sifat melawan kanker. Bahkan tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati limfoma dan leukemia hodgkin.

Para ilmuwan menemukan senyawa yang bersifat anti-kanker ini di biosintesis oleh alkaloid tanaman tapan dara. Alkaloid adalah senyawa kaya nitrogen yang diproduksi oleh tanaman.

Di Afrika, rebusan daun tanaman tapak dara ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional mengatasi diabetes dan malaria.

Manfaat air rebusan daun tanaman tapak dara (Manfaat tanaman tapak dara (Facebook/Nieng Mutiara Nasa)
Manfaat air rebusan daun tanaman tapak dara (Manfaat tanaman tapak dara (Facebook/Nieng Mutiara Nasa)

Mereka menggunakan serbuk daunnya untuk mengobati radang dan nyeri sendi. Infus daunnya digunakan untuk mengendalikan pendarahan hebat saat menstruasi dan kram perut.

Ekstrak rebusan daunnya juga bermanfaat melindungi kulit dari sengatan serangga, seperti lebah. Lalu rebusan daunnya juga ampuh mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Selain daunnya, Anda juga bisa menggunakan akar tanamannya dengan cara direbus sebagai obat pencahar dan mengatasi sakit gigi.

Air rebusan akar tanaman tapak dara juga berguna untuk mengobati parasit usus dan disentri.

Berita Terkait

Berita Terkini