Info

Benarkah Makan Pakai Tangan Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan?

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, makanlah dengan tangan, bukan sendok atau garpu.

Vika Widiastuti

Ilustrasi makan pakai tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi makan pakai tangan. (Shutterstock)

Himedik.com - Makan menggunakan tangan ternyata memiliki dampak bagi tubuh. Bukan hanya sekedar selera, hal ini ternyata bisa mendukung program penurunan berat badan. 

Dilansir dari timesofindia, jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, makanlah dengan tangan, bukan sendok atau garpu.

Menurut Ayurveda, saat kita menyatukan jari-jari untuk mengambil makanan, itu sebenarnya membentuk mudra yoga yang mengaktifkan organ-organ indera kita.

Diyakini bahwa setiap jari adalah perpanjangan dari lima elemen. Ibu jari adalah ruang, jari telunjuk adalah udara, jari tengah adalah api, jari manis adalah air, dan jari kelingking mewakili bumi.

Saat jari-jari Anda menyentuh makanan, maka secara otomatis Anda akan lebih sadar tentang tekstur dan rasa dari hidangan sehingga Anda makan dengan penuh perhatian. Selain itu, makan menggunakan tangan akan memberi sinyal pada otak Anda bahwa Anda akan makan yang mana perut akan bersiap untuk pencernaan.

Ilustrasi makan bersama. [shutterstock]
Ilustrasi makan bersama. [shutterstock]

Lalu, bisakah makan dengan tangan membantu menurunkan berat badan?

Saat Anda makan menggunakan sendok, Anda cenderung makan lebih cepat dan lebih banyak. Sementara saat Anda makan menggunakan tangan, Anda akan makan lebih lambat dan meningkatkan rasa kenyang.

Karena Anda memperhatikan apa yang Anda makan, itu membuat Anda lebih sadar akan apa yang Anda masukkan ke dalam mulut dan membantu mengontrol porsi makan. Cara ini tidak hanya mendukung program diet Anda, tetapi juga meningkatkan rasa makanan.

Namun, jika Anda tidak terbiasa makan dengan tangan, maka yang diperlukan adalah. Yang terpenting, jangan lupa mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan. Untuk menjaga kebersihan dan menghindari infeksi, Anda juga disarankan untuk memotong kuku

Berita Terkait

Berita Terkini