Info

Jelang Kematian, Orang Akan Alami Perubahan Pola Makan Seperti Ini!

Berbagai macam perubahan fisik seseorang sebelum meninggal dunia, termasuk perubahan nafsu makan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kematian. (Unsplash/@Jose López Franco)
Ilustrasi kematian. (Unsplash/@Jose López Franco)

Himedik.com - Saat menjelang hari kematian, setiap orang pasti akan mengalami banyak perubahan fisik termasuk nafsu makan. Tetapi, tak seorang pun yang mungkin memahami perubahan setiap orang jelang kematian sekali pun dokter dan perawat.

Meski begitu anda-tanda fisik ini tidak hanya dirasakan oleh orang yang akan meninggal, orang di sekitarnya pun bisa memperhatikan jika mampu menyadari hal tersebut.

Perubahan ini tidak hanya terjadi dari segi fisik, tetapi juga kebiasaan hingga kondisi tubuh yang tiba-tiba menurun.

Salah satu tanda-tanda fisik orang akan meninggal dunia adalah perubahan selera makannya. Melansir dari hellosehat.com, seperti tidak mau makan dan mengalami kesulitan makan.

1. Tidak mau makan

Biasanya orang yang sakit keras akan mengalami kondisi ini sebelum meninggal dunia. Kondisi ini pastinya menyebabkan penurunan berat badan dan dehidrasi pada pasien.

Tetapi, Anda lebih baik tidak memaksanya makan dan minum, cukup perhatian asupan makan dan cairannya tetap tercukupi.

Ilustrasi kuburan/makam. (Shutterstock)
Ilustrasi kuburan/makam. (Shutterstock)

 

2. Kesulitan makan

Orang yang akan meninggal dunia, biasanya juga mengalami kesulitan menelan, mudah tersedak dan batuk-batuk saat makan. Solusinya, beri mereka makanan lunak yang mudah ditelan.

Beberapa orang mungkin memiliki kekhawatiran ketika melihat seseorang tidak mau makan, apalagi jiak orang tersebut sakit keras.

Banyak orang mungkin berpikir tidak memberinya makan sama halnya membunuh secara perlahan. Tetapi, faktanya itu tidak benar.

Melansir dari verywellhealth.com, Anda tidak seharusnya memaksa seseorang yang kehilangan nafsu makan saat menjelang ajalnya dengan memberi makan serta minum bermacam-macam.

Karena, kehilangan nafsu makan termasuk proses kematian yang normal. Orang yang akan meninggal atau sedang sekarat secara alami akan kehilangan nafsu makanan dan asupan cairannya akan berkurang perlahan.

Ketika orang yang sedang sekarat kehilangan nafsu makan dan minum, fungsi tubuhnya akan mengalami kelemahan progresif sehingga menyebabkan kematian.

Berita Terkait

Berita Terkini