Info

Waspada, Ini 4 Makanan dan Minuman yang Sebabkan Gigi Kuning!

Sering minum teh hijau juga termasuk lho!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi gigi. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi gigi. (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Gigi kuning memang membuat rasa percaya diri berkurang, bahkan Anda merasa tidak nyaman saat akan tertawa lebar. Gigi kuning selama ini dikira akibat kebiasaan minum kopi, alkohol, hingga merokok

Sehingga menyikatnya sebersih apapun gigi tidak akan putih kinclong karena kebiasaan itu semacam meninggalkan noda di gigi.

Tetapi, noda gigi ini tidak hanya disebabkan oleh 3 kebiasaan tersebut. Melansir dari Asia One, masih ada banyak kebiasaan lainnya yang dianggap sehat juga membuat gigi kuning.

1. Sering minum teh hijau

Sama seperti kopi, teh cokelat, hitam maupun teh hijau juga bisa membuat gigi kuning. Karena itu, Anda perlu menggosok gigi sekitar setengah jam setelah minum teh hijau agar tidak meninggal noda dan membuat gigi kuning.

2. Penggunakan obat kumur

Banyak orang menggunakan obat kumur agar napas lebih segar. Sayangnya, obat kumur mengandung komponen yang disebut chlorhexidine gluconate yang menyebabkan gigi menguning.

Ilustrasi obat kumur (shutterstock)
Ilustrasi obat kumur (shutterstock)

Penggunaan rutin jenis obat kumur tertentu dapat menyebabkan chlorhexidine bereaksi secara kimia dengan partikel makanan yang terperangkap di gigi Anda, menghasilkan noda cokelat.

3. Sering makan buah berry

Strawberry, blueberry, raspberry termasuk buah yang banyak disukai orang. Sayangnya, buah-buahan ini mengandung sejumlah pigmen warna yang bisa meninggal noda pada gigi, terutama blueberry.

4. Renang di kolam berkaporit

Masih banyak kolam renang yang mengandung banyak kaporit. Padahal terlalu sering berenang di kolam berkaporit bisa meninggalkan noda kecokletan pada gigi. Karena, saat Anda berenang banyak air yang masuk ke dalam mulut.

Berita Terkait

Berita Terkini