Info

Kenali 5 Jenis Kelelahan dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Salah!

Ada 5 jenis kelelahan yang jarang diketahui!

Vika Widiastuti

Ilustrasi lelah bekerja - (Shutterstock)
Ilustrasi lelah bekerja - (Shutterstock)

Himedik.com - Apakah Anda kerap mengalami kelelahan dan kurang energik di pagi hari? Jika iya, Anda perlu mengetahui beberap jenis kelelahan.

Hal ini agar Anda bisa melakukan perubahan kecil untuk mengatasi kelelahan yang Anda alami.

Menurut thehealthsite, kekelahan bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya sebagai berikut.

1. Tinggi rendahnya energi

Jika Anda terlalu banyak minum teh, kopi, atau minuman manis lainnya untuk mendapatkan energi yang cepat, tetapi Anda sering merasa lesu pada sore hari maka periksalah kadar gula darah Anda.

Mengonsumsi minuman yang mengandung gula bisa meningkatkan kadar gula darah secara instan. Meski memberikan energi pada tubuh secara instan, Anda akan kembali merasa lelah.

Bahkan kadar gula yang tinggi tidak hanya menyebabkan kelelahan pada tubuh beberapa waktu setelahnya, tetapi juga bisa membuat Anda mudah tersinggung, gemetar, insomnia, konsentrasi buruk, serta perubahan suasana hati.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya. Konsumsilah makanan tinggi protein dan serat untuk menghindari hal ini. Selain itu, cobalah untuk menjaga jarak  antara waktu makan dan mengonsumsi camilan setiap empat jam.

Ilustrasi kelelahan, capek, PMS, Pusing, Sakit Perut. (Shutterstock)
Ilustrasi kelelahan, capek, PMS, Pusing, Sakit Perut. (Shutterstock)

 

2. Kurang stamina

Jika Anda merasa sangat lemah dan malas melakukan apapun, bisa disebabkan oleh penurunan tingkat zat besi. Seperti kita ketahui, zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin dan bahan bakar sel-sel otak kita.

Kekurangan zat besi ini umum dialami wanita yang secara teratur mengalami periode (menstruasi) yang berat. Hal ini bisa membuat seseorang merasa lemah karena oksiden yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi tidak mencapai sel-sel tubuh.

Cara mengatasinya adalah makan lebih banyak daging merah, sayuran hijau, lentil, kacang-kacangan dan buah-buahan kering.

3. Perut kosong

Jangan sering melewatkan waktu makan yang dianjurkan. Berlari saat perut kosong bisa menyebabkan penurunan tingkat energi.

Anda perlu memeriksa kadar magnesium dalam tubuh karena magnesium bertanggung jawab untuk produksi energi dalam tubuh. Selain itu, konsumsilah sayuran berdaun hijau dan biji-bijian untuk memberikan Anda energi yang baik.

4. Kurang motivasi

Apakah Anda pernah merasa sulit untuk berkonsentrasi dan tidak memiliki energi psikis untuk melakukan yang terbaik?

Ternyata hal tersebut bisa jadi disebabkan karena kekurangan vitamin B tertentu. Kekurangan vitamin B1 dikaitkan dengan sifat lekas marah, daya ingat buruk, dan konsentrasi. Sementara kekurangan vitamin B12 yang bisa menyebabkan kebingungan.

Jika Anda mengalami ini, banyak makanan kaya protein dan batasi asupan alkohol bisa mengatasinya.

Ilustrasi gangguan tidur. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi gangguan tidur. (Sumber: Shutterstock)

 

5. Sulit rileks

Jika Anda merasa sulit untuk rileks, periksa asupan kafein Anda. Asupan kafein bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk sementara waktu.

Namun jika berlebihan, bisa berdampak negatif pada tingkat energi, Anda mungkin akan merasa lelah, tetapi sulit untuk beristirahat atau tidur. Dibanding minum kopi, lebih baik konsumsilah teh herbal.

Berita Terkait

Berita Terkini