Info

Jangan Keramas di Malam Hari, Ini Alasannya!

Ketika Anda keramas di malam hari, ada kemungkinan Anda tidur saat rambut masih basah.

Vika Widiastuti

Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)

Himedik.com - Seringkah Anda mencuci rambut di malam hari? Kebiasaan ini ternyata merugikan lho, jadi jangan sering dilakukan.

Namun, bukan tentang waktu, melainkan aktivitas setelah mencuci rambut di malam hari.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda tidak disarankan untuk keramas di malam hari, seperti yang dilansir dari timesofindia.

1. Rambut basah

Ketika Anda keramas di malam hari, ada kemungkinan Anda tidur saat rambut masih basah. Tidak hanya membuat Anda sakit, rambut juga lebih kusut dari biasanya.

Hal tersebut disebabkan oleh kutikula rambut yang tetap terbuka setelah dicuci. Ini juga alasan mengapa tidak boleh menyisir rambut saat masih basah karena bisa menyebabkan rambut rontok.

Ilustrasi rambut basah setelah keramas di malam hari. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut basah setelah keramas di malam hari. (Shutterstock)

 

2. Pertumbuhan jamur dan ketombe

Tidur saat kulit kepala masih basah bisa menyebabkan masalah rambut, seperti pertumbuhan jamur, ketombe, rambut rontok, dan infeksi. Masalah tersebut biasanya terjadi di kondisi cuaca yang lembap.

3. Rambut jadi kusut

Rambut Anda bukannya akan terlihat lebih baik jika dicuci pada malam hari, melainkan akan lebih kusut dan lembap.

Namun, hal ini bukan berarti Anda harus bangun pagi-pagi dan berhenti mencuci rambut di malam hari, tetapi pastikan rambut benar-benar kering sebelum tidur.

Anda juga perlu mengoleskan sedikit conditioner untuk mencegah rambut Anda kusut. Gunakan sarung bantal sutra untuk mencegah kerusakan rambut.

Berita Terkait

Berita Terkini