Info

5 Tampilan Kuku Ini Gambarkan Kondisi Kesehatan, Apakah Anda Mengalaminya?

Ternyata tampilan kuku yang berbeda-beda setiap orang bisa menggambarkan kondisi kesehatan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kuku (Pixabay/MabelAmber)
Ilustrasi kuku (Pixabay/MabelAmber)

Himedik.com - Setiap orang pasti memiliki tampilan kuku yang berbeda-beda. Ternyata penampilan kuku yang berbeda-beda itu bisa menggambarkan kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), beberapa gejala mungkin tak berbahaya tapi semuanya bisa jadi tanda penyakit kronis. Misalnya, kuku melengkung sebagai indikasi anemia atau kuku bergaris-garis sebagai tanda melanoma.

Melansir dari Asia One, berikut sejumlah perubahan kuku yang menandakan gejala penyakit kronis.

1. Kuku kuning

Kuku kuning bisa saja akibat kebiasaan mengecat kuku berulang, faktor usia atau merokok yang dapat menyebabkan perubahan warna kuku.

Tetapi, kuku yang menguning juga dapat mengindikasikan jamur kuku. Pada kasus yang lebih serius, kuku kuning bisa saja merupakan tanda masalah tiroid, diabetes dan penyakit pernapasan.

Ilustrasi kuku. (Shutterstock)
Ilustrasi kuku. (Shutterstock)

2. Kuku kering atau retak

Kuku yang retak terkait dengan kekurangan vitamin A dan C, infeksi jamur atau penyakit tiroid. Selain itu, gaya hidup seseorang juga berdampak pada kuku retak, seperti sering cuci piring, berenang atau penggunaan cat kuku terus-menerus.

Sedangkan kuku yang melengkung ke atas bisa berarti Anda menderita anemia, kekurangan zat besi dan hemochromatosis atau penyerapan zat besi berlebih, hipotiroidisme, serta penyakit jantung.

3. Kuku melengkung

Kuku yang membengkak dan melengkung ke bawah bisa berarti oksigen dalam darah rendah hingga tanda penyakit paru-paru. Dalam kasus lebih serius, ini juga bisa jadi tanda awal penyakit jantung, hati, dan ginjal.

Ilustrasi cat kuku. (Shutterstock)
Ilustrasi cat kuku. (Shutterstock)

4. Kuku bercak putih

Bercak atau bintik-bintik putih pada kuku bisa disebabkan oleh cedera serius atau trauma. Selain itu, bintik-bintik putih pada kuku juga dapat menjadi tanda-tanda infeksi jamur.

5. Kuku bergaris

Kuku yang bergaris horisontal bisa jadi akibat demam tinggi, tanda psoriasis, diabetes atau penyakit peredaran darah. Sedangkan kuku bergaris vertikal bisa menjadi tanda penuaan serta kekurangan vitamin B12 atau magnesium.

Berita Terkait

Berita Terkini