Info

6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Ayo Hindari dari Sekarang!

Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa merusak kesehatan ginjal seseorang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ginjal. (shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (shutterstock)

Himedik.com - Permasalahan kecil pada organ ginjal bisa berdampak besar pada kesehatan tubuh manusia. Tapi tanpa disadari, masih banyak orang melakukan kebiasaan sehari-hari yang memicu kerusakan ginjal.

Kebiasaan tersebut meliputi gaya hidup, pola makan hingga aktivitas yang sering diabaikan. Padahal hal tersebut bisa memengaruhi kondisi ginjal yang sehat.

Melansir dari The healthy, berikut ini 6 kebiasaan harian seseorang yang memicu masalah ginjal.

1. Konsumsi makanan kemasan

Sebagian besar makanan kemasan mengandung banyak natrium yang buruk untuk jantung dan masalah ginjal. Ketika Anda terlalu banyak asupan garam, tubuh akan mengeluarkan natrium saat buang air kecil yang mengandung kalsium. Padahal terlalu banyak kalsium dalam urin dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Dietary Guidelines for Americans pun menyarankan untuk membatasi natrium pada 2.300 miligram per hari tetapi beberapa orang justru makan dua kali lipat. Di sisi lain, masih banyak orang kurang menyadari asupan natrium hariannya.

Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]
Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

2. Tekanan darah tidak terkendali

Tekanan darah tinggi akan berdampak pada organ tubuh lain, termasuk ginjal . Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi di pembuluh darah besar atau yang lebih kecil, kondisi ini dapat merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal lalu menimbulkan permasalahan lainnya.

3. Tidak berhenti merokok

Selain kanker paru-paru, kebiasaan merokok juga memicu masalah ginjal. Studi 2012 menemukan bahwa berhenti merokok selama 16 tahun atau lebih mengurangi risiko karsinoma sel ginjal (bentuk paling umum kanker ginjal pada orang dewasa) sebesar 40 persen.

Apalagi merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Karena itu, para perokok aktif sudah seharusnya memikirkan kesehatan mereka jangka panjang.

4. Jarang minum air putih

Sebenarnya kondisi ginjal Anda akan baik-baik saja meski tidak rutin minum air 8 gelas sehari. Tetapi, minum air putih kurang dari 4 gelas sehari lah yang mungkin akan memancing masalah ginjal.

Hal itu karena tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk mengontrol kadar natrium dan menjaga tekanan darah. Jadi, pastikan Anda minum cukup air setiap harinya.

Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)

5. Sering konsumsi suplemen

Banyak orang mengira suplemen termasuk bahan alami yang aman dikonsumsi setiap hari untuk berbagai alasan. Padahal terlalu sering konsumsi suplemen juga bisa membahayakan kesehatan ginjal Anda. Suplemen bisa saja mengandung bahan berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus.

6. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Jika Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi obat pereda nyeri atau sakit, maka harus berhati-hati. Apalagi jika Anda jarang minum air putih. Sebab, obat anti-inflamasi 
Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID) yang termasuk ibuprofen dan aspirin dapat mengurangi aliran darah ke ginjal.

Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan jaringan parut karena meracuni organ. Jadi terlalu sering mengonsumsi NSAID dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Berita Terkait

Berita Terkini