Info

Bisa Memperburuk Sakit Kepala, Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini

Beberapa makanan dan minuman dianggap bisa memperburuk sakit kepala.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit kepala. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi sakit kepala. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Sakit kepala adalah kondisi yang cukup mengganggu aktivitas harian. Kondisi ini pun bisa dipicu dan menjadi lebih buruk jika seseorang mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Menurut Yayasan Penelitian Migrain, makanan tertentu yang dikombinasikan dapat memicu dan memperburuk sakit kepala.

Bahkan, beberapa orang mungkin tidak menyadari makanan dan minuman tertentu yang sering dikonsumsi justru memicu sakit kepala.

Melansir dari healthline.com, berikut ini makanan dan minuman yang dapat memicu serta memperburuk sakit kepala.

1. Kafein

Terlalu banyak asupan kafein bisa menyebabkan sakit kepala. Namun, menurut American Migraine Foundation, kafein dapat membantu menghentikan migrain yang datang. Adapun minuman berkafein antara lain kopi, teh, dan cokelat.

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

2. Pemanis buatan

Banyak makanan olahan yang mengandung pemanis buatan. Bahan ini digunakan sebagai alternatif gula bagi penderita diabetes. Namun, pemanis buatan ini justru bisa menyebabkan sakit kepala.

3. Alkohol

Alkohol termasuk minuman yang lebih umum dianggap sebagai penyebab sakit kepala. Sebab, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang menjadi faktor utama penyebab sakit kepala.

4. Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai penyebab paling umum kedua sakit kepala setelah alkohol. Kondisi tersebut memengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami sakit kepala.

Pasalnya, cokelat juga mengandung kafein dan beta-phenylethylamine yang memicu sakit kepala pada beberapa orang.

5. Makanan dengan MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah asam glutamat yang secara alami ada dalam tubuh kita. Makanan tertentu juga dapat mengandung MSG yang aman dikonsumsi.

Namun, The American Migraine Foundation mencatat bahwa MSG bisa memicu sakit kepala parah pada 10-15 persen dari mereka yang mengalaminya. Pengawet lain juga dapat memicu migrain pada beberapa orang.

6. Makanan beku

Mengonsumsi makanan beku dan es krim atau slushies bisa memicu rasa sakit di kepala. Anda kemungkinan besar bakal mengalami sakit kepala jika mengonsumsi makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga atau saat kepanasan.

Berita Terkait

Berita Terkini