Info

Jangan Dibuang, Kulit Pisang Juga Bisa Dimakan!

Kulit pisang rupanya memiliki banyak serat.

Yasinta Rahmawati

kulit pisang. (Today Show)
kulit pisang. (Today Show)

Himedik.com - Seperti yang diketahui, pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya lembut dan lezat, pisang juga mudah diolah.

Tetapi dilansir dari Health, menurut seorang ahli gizi, jika Anda ingin benar-benar memperkuat manfaat kesehatan pisang, Anda harus memakan kulitnya juga. Benarkah demikian?

"Secara khusus, Anda akan meningkatkan kandungan serat secara keseluruhan setidaknya 10 persen karena banyak serat makanan dapat ditemukan di kulit pisang," tulis ahli gizi Australia Susie Burrell dalam sebuah blog yang disponsori oleh Australian Bananas.

"Anda akan mendapatkan hampir 20 persen lebih banyak vitamin B6 dan hampir 20 persen lebih banyak vitamin C, serta akan meningkatkan asupan potasium dan magnesium," lanjutnya.

Namun tidak dikonsumsi secara langsung, Burrell menyarankan untuk merebus atau mengukusnya lebih dulu hingga lembut. Kemudian memadukannya dalam masakan maupun smoothie.

Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)
Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)

Dia juga berpendapat bahwa warna kulit pisang membuat perbedaan nutrisi. Kulit pisang hijau kaya akan asam amino triptofan (berhubungan dengan kualitas tidur yang baik) dan juga mengandung pati resisten, yang akan bermanfaat bagi kesehatan usus.

Sedangkan pisang yang matang dengan kulit kuning memiliki proporsi antioksidan yang lebih tinggi terkait dengan efek anti-kanker, katanya.

Tetapi sebelum Anda mulai merebus kulit pisang Anda, perlu diingat bahwa bukti ilmiah untuk mendukung klaim penurunan berat badannya masih kurang.

"Tidak ada penelitian yang dipublikasikan tentang ini, jadi kami tidak tahu pasti bagaimana memakannya dapat berdampak pada penurunan berat badan," editor penyumbang nutrisi Health, Cynthia Sass , RD, menjelaskan

Jika Anda memutuskan untuk mencobanya, Sass menyarankan untuk memilih pisang organik dan mencucinya dengan baik untuk menghindari residu pestisida.

"Anda juga bisa mulai dengan sedikit dan memasukkan ke dalam hidangan dengan bahan-bahan yang membantu melawan rasa, seperti smoothie dengan buah manis dan sentuhan akar jahe atau vanila," sarannya.

Berita Terkait

Berita Terkini