Info

Pakar Peringatkan Virus Corona Juga Bisa Menulari Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan mungkin bisa terinfeksi.

Yasinta Rahmawati

Kucing dan anjing. (Pixabay/huoadg5888)
Kucing dan anjing. (Pixabay/huoadg5888)

Himedik.com - Memiliki hewan peliharaan tentu akan dirawat sebaik mungkin. Namun virus corona Wuhan yang belakangan sungguh mengkhawatirkan rupanya juga bisa menular ke hewan peliharaan.

Seperti dilansir World of Buzz dari Oriental Daily, virus yang sudah ditetapkan sebagai kondisi darurat kesehatan global oleh WHO ini tak hanya bisa menular antar manusia, tapi juga hewan.

Menurut klaim ahli epidemiologi dan dokter Li Lanjuan, yang juga anggota Komisi Kesehatan Nasional tingkat tinggi China, coronavirus Wuhan dapat ditularkan tidak hanya antar manusia, tetapi juga mamalia pada umumnya.

Mamalia sendiri berarti mencakup sebagian besar hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing.

Saat wawancara dengan saluran media pemerintah China yang dikelola CCTV, dia berkata, "Pemilik perlu memperkuat manajemen hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan terpapar pada wabah dan pasien, mereka (hewan peliharaan) juga perlu dikarantina."

Ilustrasi anjing. (Pixabay/wiggijo)
Ilustrasi anjing. (Pixabay/wiggijo)

Namun, WHO mengatakan pada 28 Januari 2020 bahwa pada saat ini tidak jelas apakah virus corona Wuhan "memiliki dampak pada kesehatan hewan dan tidak ada kejadian khusus yang dilaporkan pada spesies apa pun."

Sampai sekarang, tidak ada kasus seperti hewan peliharaan yang terinfeksi dengan virus corona Wuhan telah dilaporkan, menurut Newsweek.

Terlepas dari itu, pemilik hewan peliharaan disarankan untuk menjaga hewan mereka di rumah untuk saat ini, dan membatasi kegiatan di luar ruangan yang dihabiskan bersama mereka untuk mencegah penularan virus.

Berita Terkait

Berita Terkini