Info

Lindungi Diri dari Corona Covid-19, Ini 7 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh

Sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh di tengah merebaknya corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati

Manfaat bawang merah. (Shutterstock)
Manfaat bawang merah. (Shutterstock)

Himedik.com - Wabah virus corona Covid-19 menyebabkan orang-orang jadi cemas dan selalu menggunakan masker saat berada di ruang publik. Padahal, ada metode lain lebih efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tak terserang virus ini.

Menurut Medical Research Council, setiap hari kita menghirup seratus juta virus dan tugas sistem kekebalan tubuh adalah menjaga kita tetap aman.

NHS mengatakan pertahanan terbaik terhadap kuman adalah mengikuti kebersihan dasar dengan mencuci tangan dengan air sabun atau menggunakan sanitiser tangan.

Gunakan tisu atau lengan baju Anda saat batuk atau bersin, dan hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut jika tangan Anda tidak bersih.

Lantas, apakah memakai masker bisa membantu?

Sejak wabah corona merebak, penjualan masker wajah telah meningkat 800 persen.

Tetapi tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa masker dapat menghentikan partikel virus memasuki mulut dan tenggorokan.

Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)

Sayangnya, sistem kekebalan tubuh menurun sekitar 2-3% per tahun dari usia 20-an. Itulah sebabnya orang yang lebih tua rentan terhadap infeksi.

Janet Lord, profesor biologi sel kekebalan di University of Birmingham, mengatakan bahwa tingkat kematian akibat penyakit seperti pneumonia dan bronkitis tiga kali lebih tinggi di antara orang tua.

Jadi, dibandingkan menggunakan masker, coba tujuh cara ini untuk menjaga kekebalan tubuh, seperti dilansir dari laman Mirror:

1. Konsumsi makanan yang mengandung bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan cabai rawit. Mereka memiliki sifat antioksidan, detoksifikasi, dan antimikroba.

2. Minum teh hijau, sebab kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, yang ampuh melawan infeksi yang efisien.

3. Cukup tidur, 7-9 jam, dapat meningkatkan sel T, yang melawan infeksi dalam tubuh. Satu studi juga menunjukkan bahwa hanya satu malam dengan tidur 4 jam menghabiskan sel-sel pembunuh alami tubuh sebesar 70 persen.

4. Kurangi stres. Ketika kita stres, otak memproduksi lebih banyak kortisol dan mempersiapkan tubuh untuk situasi darurat. Tetapi sementara itu, kondisi tersebut justru akan menekan sistem kekebalan tubuh kita. Cobalah latihan relaksasi seperti yoga atau meditasi. Berpikir positif juga bisa bermanfaat.

5. Pastikan suhu tubuh tetap hangat. Virus flu lebih mudah menular pada suhu lebih rendah dari 37 derajat celsius yang merupakan suhu rata-rata inti tubuh.

6. Tetap terhidrasi membantu tubuh Anda secara alami menghilangkan racun dan bakteri lain yang dapat menyebabkan penyakit. Usahakan untuk setidaknya delapan gelas air sehari.

7. Minyak esensial lemon memiliki sifat antibakteri yang kuat dan telah terbukti merangsang produksi sel darah putih, yang melawan infeksi.

Berita Terkait

Berita Terkini