Info

Selain Batuk, Pasien Virus Corona Covid-19 Juga Keluhkan Masalah Pencernaan

Penelitian menemukan bahwa banyak pasien virus corona Covid-19 juga mengeluhkan masalah pencernaan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit perut. (pixabay)
Ilustrasi sakit perut. (pixabay)

Himedik.com - Ada beberapa gejala virus corona Covid-19, seperti demam tinggi, pilek, batuk hingga sesak napas. Tetapi, beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala virus corona apapun atau gejala asing lainnya.

Sebuah studi baru telah menemukan bahwa masalah pencernaan seperti diare bisa menjadi pertanda awal infeksi virus corona Covid-19 bagi sejumlah pasien.

Sekitar setengah pasien virus corona Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit provinsi Hubei, China, pun mengeluhkan masalah pencernaan.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology dilansir oleh New York Post, juga menemukan sebanyak 48,5 persen dari 204 pasien corona Covid-19 yang ikut penelitian mengeluhkan masalah pencernaan, seperti diare, muntah dan sakit perut.

Lalu, sekitar 7 persen pasien melaporkan tidak mengalami masalah pernapasan yang merupakan salah satu gejala paling umum terkait infeksi virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Mereka juga mengaku telah menunggu rata-rata 2 hari atau lebih untuk mencari pengobatan medis sejak awal terinfeksi virus corona Covid-19, dibandingkan pasien yang tidak memiliki masalah pencernaan.

Penelitian ini pun bisa menjadi informasi baru mengenai gejala pencernaan pada pasien bagi dokter dalam mendeteksi virus corona Covid-19.

Penelitian tentang gejala lain virus corona Covid-19 ini pun bisa membantu dokter bergerak lebih cepat dalam mengarantina pasiennya. Cara ini akan membantu memperlambat penyebaran pandemi.

"Dokter harus mengenali bahwa gejala-gejala pencernaan, seperti diare mungkin merupakan tanda infeksi virus corona Covid-19," kata peneliti.

Para penliti juga menyimpulkan bahwa dokter tidak boleh menunggu pasien dengan gejala pencernaan mengalami gejala pernapasan yang sejauh ini disebut tanda infeksi virus corona Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini