Info

Covid-19 Bisa Sebabkan Gagal Organ dan Berakhir Fatal, Begini Penjelasannya

Virus corona baru ini menyerang paru-paru dan infeksi bisa menjadi serius.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi pasien menggunakan alat bantu pernapasan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien menggunakan alat bantu pernapasan. (Shutterstock)

Himedik.com - Virus corona baru atau Covid-19 diketahui menyerang saluran pernapasan hingga ke paru-paru. Sayangnya pada sekitar 20% pasien, infeksi bisa menjadi serius bahkan berakhir fatal.

Ketika virus memasuki sel paru-paru, mereka akan bereplikasi dan menghancurkan sel, jelas seorang spesialis penyakit menular di Columbia University Irving Medical Center, Yoko Furuya.

"Karena tubuh kita merasakan, semua virus itu pada dasarnya penyerbu asing, yang memicu sistem kekebalan tubuh kita untuk membasmi dan mencoba mengendalikan dan menghentikannya membuat lebih banyak salinan dari dirinya sendiri," jelasnya, dikutip dari NPR.

Tetapi, Furuya juga mengatakan respon sistem kekebalan terhadap virus ini juga dapat menghancurkan jaringan paru-paru dan menyebabkan peradangan. Hasilnya adalah pneumonia.

Ketika ini terjadi, artinya kantung udara di paru-paru menjadi meradang dan dipenuhi cairan, membuat paru-paru lebih sulit bernapas.

Kondisi ini juga membuat paru-paru sulit menyuplai oksigen ke darah, berpotensi memicu masalah.

"Kurangnya oksigen menyebabkan lebih banyak peradangan, lebih banyak masalah dalam tubuh. Organ-organ membutuhkan oksigen untuk berfungsi, bukan? Jadi ketika Anda tidak memiliki oksigen, maka hati Anda mati dan ginjal Anda mati," jelas Carlos del Rio, profesor kedokteran dan kesehatan global di Emory University.

Ilustrasi pasien menggunakan alat bantu pernapasan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien menggunakan alat bantu pernapasan. (Shutterstock)

Kasus yang paling parah adalah sekitar 6% berakhir dalam perawatan intensif dengan kegagalan multi-organ, gagal pernapasan dan syok septik, menurut catatan WHO pada Februari 2020.

Banyak pasien di rumah sakit yang juga membutuhkan oksigen tambahan. Dalam kasus ekstrem, mereka membutuhkan ventilator mekanik untuk menyelamatkan hidup pasien dengan infeksi parah.

Perkiraan untuk tingkat fatalitas kasus Covid-19 bervariasi tergantung pada negara. Tetapi data dari China dan Lombardy, Italia, menunjukkan tingkat kematian mulai meningkat untuk orang-orang di usia 60-an.

Berita Terkait

Berita Terkini