Info

Update Corona Covid-19 pada 7 April 2020: 1,3 Juta Orang Terinfeksi

Italia sebagai negara ketiga dengan kasus terbanyak, total kematiannya mencapai yang tertinggi di dunia, yakni 16.523 jiwa.

Yasinta Rahmawati

Virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Hingga kini virus corona Covid-19 masih terus menyebar. Dimulai dari Desember 2019, Virus yang menyerang sistem pernapasan ini telah menjangkiti 209 negara dan teritori.

Dipantau dari laman Worldometers secara real time pada hari Selasa (7/4/2020) pukul 08.45 WIB menyatakan jumlah kasus di seluruh dunia telah mencapai 1.346.566 orang.

Pasien yang sebelumnya dinyatakan positif dan kini telah mengalami kesembuhan atau negatif Covid-19 tercatat pada angka 278.695 jiwa.

Akan tetapi, pasien yang meninggal dunia karena virus ini berjumlah 74.697 atau 21 persennya.

Italia sebagai negara ketiga dengan kasus terbanyak, total kematiannya mencapai yang tertinggi di dunia, yakni 16.523 jiwa. Namun, jumlah total kasus yang dikonfirmasi meningkat dengan jumlah harian terendah sejak 17 Maret. Hal ini bisa dijadikan sebagai harapan sejak diberlakukan lockdown pada 9 Maret lalu.

Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza, mengatakan sistem lockdown di negara tersebut akan berakhir walau ia menolak mengatakan kapan akan terjadi.

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Menurutnya, masih terlalu dini untuk mengatakan kapan pembatasan pergerakan akan dicabut, ia mengatakan negara itu akan pindah ke fase kedua dengan pengujian yang lebih luas, di antara rencana masa depan pemerintah.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dipindahkan ke unit perawatan intensif atau ICU pada Senin (6/4/2020) setelah gejala infeksi virus corona yang dideritanya memburuk, tetapi kantornya Downing Street mengatakan ia masih sadar.

Johnson dirawat di rumah sakit pada Minggu malam dan telah menjalani serangkaian pemeriksaan setelah menderita gejala infeksi virus corona yang bertahan, termasuk suhu tinggi, selama lebih dari 10 hari.

Downing Street mengatakan bahwa dia dalam keadaan baik dan masih dalam kendali, meskipun sekitar pukul 18.00 waktu setempat dipindahkan ke unit perawatan intensif (ICU) - di mana kasus yang paling serius dirawat - di rumah sakit St Thomas, di seberang Sungai Thames dari Gedung Parlemen di London.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dipastikan menyetujui penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berlaku di DKI Jakarta. Surat tersebut ditandatangani olehnya pada Senin (6/4/2020) malam.

Usai ditandatangani dan disetujui Menkes Terawan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selanjutnya wajib melaksanakan PSBB, sesuai PP Nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB Dalam Rangka Percepatan Covid-19.

Per Senin (6/4/2020), jumlah pasien positif di Indonesia meningkat hingga 2.491 jiwa. Dengn rincian 2.090 pasien dirawat, sebanyak 192 pasien sembuh, dan 209 pasien dinyatakan meninggal dunia akibat virus corona.

Berita Terkait

Berita Terkini