Info

Hewan Peliharaan Juga Perlu Atur Jarak Sosial, Ini Risiko Bahayanya!

Di tengah pandemi virus corona Covid-19, hewan peliharaan juga perlu mengatur jarak sosial untuk menghindari penularan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

hewan peliharaan. (pixabay/pexels)
hewan peliharaan. (pixabay/pexels)

Himedik.com - Demi mencegah penularan virus corona Covid-19, ahli kesehatan telah menyarankan semua orang untuk menjaga jarak sosial. Pedoman jarak sosial ini tidak hanya berlaku pada manusia, tetapi juga hewan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat telah menyarankan hewan peliharaan juga perlu menjaga jarak sosial. Langkah ini diperlukan sampai para ahli memahami betul dampak virus corona Covid-19 pada hewan.

Karena itu, semua pemilik hewan disarankan untuk menjaga jarak sosial hewan peliharaannya selama pandemi. Pastikan hewan peliharaan tidak berinteraksi dengan hewan lain maupun manusia.

"Jarak sosial juga berlaku untuk peliharaan Anda. Karena, hewan juga berisiko terkena penyakit ini. Jadi lebih baik berhati-hati," kata Spesialis Hewan Dr Melissa Salgado dikutip dari Fox News.

Pemilik juga perlu memastikan panjang tali hewan peliharaannya sejauh enam kaki ketika berjalan bersama. Begitu pula jarak hewan peliharaannya dengan hewan lain untuk mencegah saling interaksi.

Ilustasi seorang anak kecil bersama hewan peliharaannya. [Shutterstock]
Ilustasi seorang anak kecil bersama hewan peliharaannya. [Shutterstock]

Jika Anda sedang sakit atau diduga terinfeksi virus corona Covid-19, CDC menyarankan Anda membatasi kontak dengan hewan peliharaan maupun hewan liar. Langkah ini sama halnya Anda perlu membatasi kontak dengan orang lain.

Sebelumnya, para pejabat kesehatan di Amerika Serikat mengatakan ada dua kucing peliharaan yang terinfeksi virus corona Covid-19.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaan Anda, termasuk mengelus, meringkuk, dicium atau dijilat dan berbagi makanan atau tempat tidur," kata CDC.

Jika Anda sedang terinfeksi virus corona Covid-19, Anda bisa meminta anggota rumah tangga lain untuk merawat hewan peliharaan Anda.

Bila tidak memungkinkan, Anda harus menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dan setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan.

Ilustrasi tidur dengan hewan peliharaan (Shutterstock)
Ilustrasi tidur dengan hewan peliharaan (Shutterstock)

Pemilik hewan peliharaan juga perlu menghindari tempat umum atau tempat berkumpulnya hewan demi mencegah penularan virus corona Covid-19 antar hewan maupun manusia.

CDC juga tidak merekomendasikan pengujian atau pemeriksaan rutin terhadap hewan peliharaan sementara waktu ini. Mereka juga menambahkan bahwa Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) akan memberi tahu bila ada hewan lain yang positif terinfeksi virus di AS.

Pihaknya juga menegaskan bahwa belum ada bukti kuat kalau hewan peliharaan memainkan peran dalam penyebaran virus corona Covid-19, meskipun disarankan menjaga jarak sosial.

"Studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami kondisi hewan lainnya (selain anjing dan kucing) yang juga merupakan hewan peliharaan dan hubungannya dengan virus," kata CDC.

Berita Terkait

Berita Terkini