Info

Penderita Diabetes dengan Covid-19 Perlu Serius Kontrol Gula Darah

Orang dengan diabetes tipe 2 yang kadar gula darah terkontrol memiliki kondisi jauh lebih baik.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

Dari mereka, 952 orang memiliki diabetes tipe 2 dan yang lainnya 6.385 tidak. Di antara mereka yang menderita diabetes, 282 memiliki gula darah yang terkontrol dengan baik sedang 528 lainnya tidak.

Namun, mereka yang memiliki gula darah dan Covid-19 yang terkontrol dengan baik lebih kecil kemungkinannya meninggal daripada mereka yang glukosa darahnya tidak terkontrol dengan baik.

Sementara itu, mereka dengan diabetes tipe 2 yang dikelola dengan baik juga menerima lebih sedikit intervensi medis lainnya termasuk oksigen tambahan dan/atau ventilasi, dan memiliki lebih sedikit komplikasi kesehatan.

Para peneliti mengatakan temuan baru ini menawarkan tiga pesan utama bagi penderita diabetes, yaitu:

1. Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal akibat Covid-19 dan mengembangkan komplikasi yang lebih parah setelah infeksi. Karena itu, mereka harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari infeksi.

2. Penderita diabetes harus berhati-hati untuk menjaga gula darah mereka di bawah kontrol yang baik selama pandemi.

3. Setelah terinfeksi, pasien diabetes harus mengontrol kadar glukosa darahnya untuk mempertahankannya dalam kisaran yang tepat, di samping perawatan lain yang diperlukan.

Para peneliti mengatakan mereka akan terus mempelajari hubungan antara hasil diabetes tipe 2 dan Covid-19. Harapannya adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang biologi yang mendasari dan mengarah pada hasil yang lebih buruk untuk orang dengan diabetes tipe 2 dan gula darah tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini