Info

Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Mungkin Memiliki Imunitas Lebih Rendah

Para peneliti menganalisis sampel darah dari kedua kelompok, yang memiliki gejala Covid-19 dan yang tidak.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

Himedik.com - Pasien Covid-19 tanpa gejala atau bisa disebut dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) mungkin memiliki tingkat kekebalan yang jauh lebih rendah terhadap virus dibandingkan orang yang menjadi sakit parah. Hal itu didasarkan pada penelitian yang terbit Kamis (18/06/2020).

Dilansir dari Times of India, para peneliti yang berbasis di China membandingkan dua kelompok orang yang terinfeksi Covid-19 di distrik Wanzhou, Chongqing. Mereka meneliti 37 orang yang menunjukkan gejala versus 37 orang yang tidak.

Para peneliti menganalisis sampel darah dari kedua kelompok yang diambil beberapa minggu setelah pulih dan menemukan bahwa hanya 62,2 persen kelompok asimptomatik (tanpa gejala) yang memiliki antibodi jangka pendek, dibandingkan dengan 78,4 persen pasien simptomatik.

Setelah delapan minggu pemulihan, kehadiran antibodi telah turun pada 81,1 persen pasien tanpa gejala, dibandingkan dengan 62,2 persen pasien dengan gejala.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Terlebih lagi, pasien asimptomatik ditemukan memiliki kadar protein pensinyalan sel pro-antiinflamasi yang lebih rendah daripada kelompok simtomatik, menunjukkan respons kekebalan yang lebih lemah terhadap Covid-19.

Penulis penelitian, yang diterbitkan dalam Nature Medicine, mengatakan temuan mereka mempertanyakan gagasan bahwa setiap orang yang terjangkit Covid-19 dapat kebal terhadap infeksi di masa depan.

"Data ini mungkin menunjukkan risiko menggunakan 'paspor kekebalan' Covid-19 dan mendukung perpanjangan intervensi kesehatan masyarakat, termasuk menjauhkan sosial, kebersihan, isolasi kelompok berisiko tinggi dan pengujian luas," catat mereka.

Danny Altmann, juru bicara British Society for Immunology serta profesor Imunologi di Imperial College London, mengatakan penelitian ini menimbulkan pertanyaan penting untuk memerangi Covid-19.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

"Banyak data imunologi sejauh ini berasal dari analisis pasien yang paling sakit dan dirawat di rumah sakit, tetapi kebanyakan orang yang telah terkena dampak ringan ingin tahu apakah ini kemungkinan memberikan kekebalan yang tahan lama dan protektif," katanya.

Altmann mengatakan itu adalah "titik penting dan berpotensi mengkhawatirkan", bahwa banyak pasien dalam penelitian ini menunjukkan penurunan kadar antibodi yang signifikan hanya dalam dua bulan.

"Meskipun ini adalah sampel pasien dalam jumlah yang sangat kecil, ini sejalan dengan beberapa kekhawatiran bahwa kekebalan alami terhadap Covid-19 dapat berumur pendek," kata Altmann, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Berita Terkait

Berita Terkini