Info

Waspada, 9 Hal Ini Bukan Tanda Pilek Biasa

Ada beberapa tanda yang menunjukkan Anda sedang tidak sekadar mengalami pilek biasa.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pilek - (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi pilek - (Pixabay/Mojpe)

5. Mengalami masalah perut
Mual karena pilek, juga muntah dan diare tidaklah umum. Jadi gejala seperti ini bisa menandakan sesuatu yang lebih serius. Sangat penting untuk mendapatkan perhatian medis jika Anda mengalami gejala-gejala ini secara konsisten.

6. Mengalami sakit dada atau kesulitan bernapas
Walaupun batuk adalah gejala pilek biasa, batuk seharusnya tidak terlalu parah sehingga menyebabkan sesak napas, mengi atau nyeri dada. Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan.

Karena kesulitan bernapas bisa menjadi tanda atau pneumonia, sementara nyeri dada, sesak dan sesak napas yang tiba-tiba bisa menandakan emboli paru (penyumbatan gumpalan darah di paru-paru).

Ilustrasi seorang perempuan sedang bersin. (Shutterstock)
Ilustrasi seorang perempuan sedang bersin. (Shutterstock)

7. Gejala hanya ada di satu lokasi
Sementara gejala pilek memengaruhi seluruh sistem pernapasan bagian atas, penyakit lain ditandai dengan gejala hebat di satu tempat. Sebagai contoh, Dr. Lai Becker menunjukkan bahwa radang menyebabkan sakit tenggorokan yang sangat parah sehingga sulit untuk ditelan, tetapi biasanya tidak akan menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh.

8. Tubuh terasa sakit
Pilek biasa seharusnya tidak menyebabkan seluruh tubuh sakit dan nyeri. Di sisi lain, flu bisa membuat otot dan tubuh Anda terasa pegal dan bisa juga disertai kelelahan dan kedinginan.

9. Ada pola dari gejala
Mungkin sulit untuk mendeteksi pilek atau alergi karena mereka memiliki gejala yang sama. Tetapi alergi sering mengikuti pola, kata Dr. Lai Becker. Untuk menentukan penyebab pasti, catat riwayat gejala Anda dan lihat apakah Anda melihat pola. Itu bisa berarti Anda alergi terhadap sesuatu atau memiliki alergi musiman.

Berita Terkait

Berita Terkini