Info

Efek Jangka Panjang Covid-19 pada Organ Tubuh, dari Jantung hingga Saraf

Sistem saraf pusat adalah sistem organ lain yang juga mendapatkan perhatian selama pandemi Covid-19.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi penyebaran Covid-19. (Pixabay/Mohamed Hassan)
Ilustrasi penyebaran Covid-19. (Pixabay/Mohamed Hassan)

Komplikasi Covid-19 Serius Lainnya

Dalam beberapa kasus Covid-19, pasien muncul dengan pembekuan darah yang tidak normal. Beberapa mengalami emboli paru ketika gumpalan darah menyebar ke paru-paru. Gumpalan lainnya menyebabkan stroke yang memengaruhi sistem pembuluh darah otak.

Swartzberg mengatakan kedua emboli paru dan stroke telah dikaitkan dengan kerusakan jangka panjang pada kedua organ.

Efek potensial lain dari Covid-19 ditemukan di ginjal beberapa pasien karena kelebihan sitokin, dan di hati dan saluran pencernaan karena coronavirus dapat mengikat reseptor mereka.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa Covid-19 memiliki efek unik pada anak-anak. Para peneliti menemukan bahwa beberapa pasien muda mengalami sindrom peradangan multi-sistem yang mirip dengan penyakit Kawasaki, selama dan setelah infeksi parah, yang memengaruhi kulit, persendian, ginjal, paru-paru dan jantung, serta meningkatkan risiko kematian.

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

 

"Saya pikir, saya telah melalui hampir semua sistem organ, dan yang menurut saya sangat mungkin menderita komplikasi persisten adalah paru-paru, jantung, dan mungkin sistem saraf pusat," kata Swartzberg dalam artikel Berkeley News.

Tapi, Swartzberg juga meyakini bahwa dalam waktu tiga atau enam bulan, daftar itu mungkin akan berubah.

Dia mencatat bahwa para ilmuwan belum sepenuhnya memahami bagaimana virus corona memicu potensi komplikasi kesehatan kronis. Komunitas medis juga harus melihat risiko masalah jangka panjang pada kasus Covid-19 asimptomatik dan ringan.

Tetapi ada cara untuk mencegah komplikasi persisten yang serius, menurut Swartzberg. Dia mengatakan orang harus mengubah gaya hidup tidak sehat mereka, seperti merokok dan vaping, untuk menghindari kondisi yang dapat memperburuk Covid-19, seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas.

(Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini