Info

Ditemukan Covid-19 pada Makanan Beku, WHO Sarankan Tak Perlu Khawatir

WHO sebut tak perlu takut Covid-19 menyebar lewat makanan beku, sebab belum ada bukti meyakinkan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi sayap ayam. (Pixabay)
Ilustrasi sayap ayam. (Pixabay)

Himedik.com - Setelah mendapat laporan soal makanan beku yang positif terkontaminasi Covid-19, pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi komentar untuk tidak meresahkannya.

"Orang seharusnya tidak takut pada makanan, atau kemasan makanan atau pemrosesan atau pengiriman makanan," kata Mike Ryan, direktur eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Kamis dari Jenewa, dikutip dari Fox News.

Komentar pejabat itu muncul setelah laporan bahwa sekumpulan sayap ayam beku dari Brasil yang diekspor ke China dinyatakan positif terkena Covid-19, kata pejabat China minggu ini.

Skrining rutin daging dan makanan laut impor di kota Shenzhen mengungkapkan unggas positif virus corona Covid-19.

The New York Post melaporkan bahwa semua orang yang mungkin bersentuhan dengan sayap ayam itu, bersama dengan produk makanan yang disimpan di dekat batch, diuji untuk Covid-19. Namun, semua hasil dilaporkan negatif.

Roasted Chicken Wings, salah satu olahan sayap ayam yang banyak disukai. (Freepik)
Ilustrasi sayap ayam. (Freepik)

"Tidak ada bukti bahwa makanan atau rantai makanan ikut serta dalam penularan virus ini. Dan orang harus merasa nyaman dan aman," tambah Ryan pada Kamis.

Selain itu, minggu ini virus ditemukan pada kemasan makanan laut beku yang dikirim dari Ekuador ke China.

Ahli epidemiologi WHO Maria Van Kerkhove juga berbicara tentang topik tersebut, mencatat bahwa pejabat China telah menguji ratusan ribu paket makanan beku. Tetapi mereka menemukan sangat sedikit atau kurang dari 10 yang positif untuk Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini