Info

Terkait Pencegahan Covid-19, 4 Benda Ini Harus Sering Didisinfeksi!

Disinfektan kini menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah maupun di dalam tas

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi seorang wanita sedang membersihkan rumah.
Ilustrasi seorang wanita sedang membersihkan rumah.

3. Permukaan yang sering disentuh di mobil

Mobil kini menjadi pilihan utama banyak orang untuk bepergian, karena mereka menghindari transportasi umum. Meski tertutup, Forouzesh memperingatkan bahwa permukaan dengan sentuhan tinggi di kendaraan dapat menahan partikel pembawa virus yang dapat ditularkan dari tangan kita ke mata, hidung, atau mulut.

"Kamu mungkin masuk dan keluar dari mobil beberapa kali sehari setelah bersentuhan dengan benda atau permukaan yang mungkin terkontaminasi," kata Forouzesh.

Dia menyarankan agar pengemudi mendisinfeksi gagang pintu, setir, dan radio di dalam mobil mereka. Dia juga mencatat bahwa mendisinfeksi permukaan ini lebih penting jika mobil digunakan oleh banyak anggota keluarga.

Dan jika kamu menaiki mobil yang bukan milikmu - misalnya taksi - pastikan untuk menggunakan pembersih tangan atau cuci tangan setelah keluar. Kenakan masker dan jangan juga menyentuh wajah selama perjalanan.

4. Tangan

Hand Sanitizer. (Shutterstock)
Disinfeksi tangan. (Shutterstock)

Ya, tangan adalah permukaan yang paling perlu diperhatikan di masa pandemi ini, karena inilah tempat sebagian besar penularan virus terjadi.

“Sangat bagus untuk mendisinfeksi permukaan yang kamu sentuh, tetapi permukaan tanganmu adalah yang paling penting sejauh ini. Menjaga tanganmu tetap bersih akan memberi manfaat lebih dari sekadar mendisinfeksi ponsel, kacamata, gagang pintu, bahkan pegangan keranjang belanjaan sekaligus,” kata Dowdy.

Dia menambahkan bahwa dia tidak ingin menghalangi orang untuk mendisinfeksi barang, tetapi jumlah penularan yang dicegah dengan mendisinfeksi barang-barang pribadi itu lebih kecil jika dibandingkan dengan mencuci tangan, menjaga jarak dari orang lain, dan memakai topeng.

Pastikan untuk mendisinfeksi atau mencuci tangan lebih rajin jika seseorang di rumahmu ada yang sakit. Dan yang terpenting, jangan hanya fokus pada mendisinfeksi permukaan barang, tapi juga pastikan kamu mengikuti semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah setempat untuk mengurangi risiko Covid-19.

(Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini