Info

Cek! 7 Alasan Masih Lapar Meski Baru Saja Makan

Heran mengapa Anda selalu lapar meski baru saja makan? Mungkin beberapa hal di bawah bisa jadi penyebabnya.

Yasinta Rahmawati

Makan mie instan. (Shutterstock)
Makan mie instan. (Shutterstock)

3. Anda tidak cukup makan lemak

Lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat dan memiliki waktu transit gastrointestinal yang lebih rendah. Ini juga merangsang hormon rasa kenyang tertentu.

Ini menyebabkan Anda merasa kenyang lebih lama. Namun, penting untuk memprioritaskan lemak "baik" daripada lemak "buruk". Berikan preferensi pada ikan berminyak (seperti salmon dan sarden), alpukat, zaitun, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

4. Anda tidak minum cukup air

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

Perasaan haus bisa disalahartikan sebagai perasaan lapar. Hidrasi memainkan peran kunci dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan berpotensi mengurangi nafsu makan saat dikonsumsi sebelum makan.

Anda disarankan untuk minum satu atau dua gelas air jika Anda merasa lapar untuk mengetahui apakah Anda tidak hanya haus. Usahakan minum enam hingga delapan gelas air setiap hari.

5. Anda kurang tidur

Jika Anda terus-menerus merasa lelah dan membutuhkan camilan untuk menyegarkan Anda, kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan penutup mata yang berkualitas.

Salah satu peran tidur adalah mengatur nafsu makan melalui aksi hormon dan neurotransmiter. Misalnya, tidur membantu mengatur hormon perangsang nafsu makan, ghrelin, serta neurotransmitter serotonin.

Kurang tidur dapat menyebabkan kadar ghrelin lebih tinggi dan serotonin lebih rendah, itulah sebabnya Anda mungkin memiliki nafsu makan lebih besar saat lelah.

Tidur juga berperan dalam mengatur leptin, hormon yang mendorong perasaan kenyang. Untuk membantu mengatur nafsu makan, Anda disarankan untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam.

Berita Terkait

Berita Terkini