Info

Cek! 7 Alasan Masih Lapar Meski Baru Saja Makan

Heran mengapa Anda selalu lapar meski baru saja makan? Mungkin beberapa hal di bawah bisa jadi penyebabnya.

Yasinta Rahmawati

Makan mie instan. (Shutterstock)
Makan mie instan. (Shutterstock)

6. Anda makan terlalu cepat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih cepat memiliki nafsu makan yang lebih besar dan kecenderungan untuk makan berlebihan saat makan, dibandingkan dengan mereka yang makan lebih lambat.

Alasan yang disarankan untuk ini termasuk tidak mengunyah makanan Anda secara menyeluruh dan tidak menyadari apa yang Anda makan, yang terjadi ketika makan terlalu cepat. Diperlukan waktu 20 menit untuk sinyal dari perut mencapai pusat rasa kenyang di otak.

Tip untuk membantu Anda makan lebih lambat termasuk mengunyah makanan lebih lambat, meletakkan garpu dan pisau ke bawah, dan ikut serta dalam percakapan atau menyesap air di antara suapan.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi makan terlalu cepat. (Shutterstock)

7. Anda makan saat konsentrasi Anda terganggu

Jika Anda memiliki gaya hidup yang sibuk, Anda mungkin menemukan bahwa Anda sering makan sambil teralihkan, misalnya saat mengerjakan laptop atau mengemudi.

Cara makan ini menyebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan daripada yang Anda butuhkan.

Makan sambil mengalihkan perhatian mengurangi kesadaran Anda tentang berapa banyak yang Anda konsumsi dan mencegah Anda memperhatikan isyarat lapar dan kenyang tubuh Anda.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang makan sambil berkonsentrasi merasa lebih lapar dan memiliki nafsu makan yang lebih besar daripada mereka yang makan dengan mindful.

Untuk membantu Anda menjadi lebih sadar akan sinyal kenyang tubuh Anda, cobalah makan dengan penuh kesadaran dan hindari semua gangguan saat makan.

(Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait

Berita Terkini