Info

Banyak yang Bingung, Vitamin C atau D untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan?

Di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini, asupan vitamin sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sel T sistem kekebalan tubuh (Pixabay)
Ilustrasi sel T sistem kekebalan tubuh (Pixabay)

Himedik.com - Vitamin adalah nutrisi penting bagi tubuh yang bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan dan suplemen khusus, seperti vitamin C maupun vitamin D.

Ahli gizi terkemuka, Rhiannon Lambert telah bekerja sama dengan merek air kelapa Vita Coco untuk mengajari orang Inggris tentang cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rhiannon mengatakan seseorang bisa melakukan beberapa langkah pendukung ketika tidak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

"Tubuh manusia itu kompleks dengan banyak reaksi biokimia yang terjadi sepanjang waktu, fungsinya untuk melindungi kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," jelas Rhiannon dikutip dari Express.

Meskipun Anda tidak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda bisa mendukung kekebalan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat.

Ilustrasi vitamin C dan D. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin C dan D. (Shutterstock)

Selain tidur malam yang cukup, konsumsi makanan seimbang, mengelola stres dengan olahraga dan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh bisa mendukung sistem kekebalan.

Tapi, vitamin C atau vitamin D yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh?

Ada banyak bukti bahwa vitamin yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin C dan D. Tapi menurut Rhiannon, vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh adalah vitamin A, C, D dan E, folat, vitamin B6 dan B12, beta karoten, zat besi, riboflavin, selenium hingga seng.

Anda bisa mendapatkan sebagian nutrisi tersebut dalam bentuk suplemen atau makanan yang dikonsumsi. Tapi, vitamin C dan D adalah dua nutrisi yang paling penting bagi tubuh.

Vitamin C dikenal sebagai vitamin kekebalan. Saat seseorang jatuh sakit, maka tubuh akan menggunakan lebih banyak vitamin C untuk membantu meringankan rasa sakit.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari dirinya kekurangan vitamin Vselama 4 hingga 6 bulan. Padahal kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, nyeri sendi dan otot.

Sedangkan, vitamin D juga berperan dalam kekebalan. Menurut NHS, penting untuk memiliki kadar vitamin D yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Artinya, vitamin D bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari atau makanan yang dikonsumsi.

Orang cenderung kekurangan vitamin D dan kadarnya akan turun drastis di musim dingin karena matahari jarang terlihat.

Tapi, Rob Hobson, Konsultan Nutrisi untuk FLORA mengatakan Anda bisa meningkatkan asupan vitamin D dengan mengonsumsi telur, ikan dan jamur.

Berita Terkait

Berita Terkini