Info

Bisa Deteksi Virus Corona dalam 15 Menit, Inggris Buat Alat Tes Air Liur!

Ilmuwan Inggris membuat alat tes virus corona Covid-19 yang mendeteksi melalui air liur dan hasilnya bisa diperoleh kurang dari 5 menit.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Inggris menemukan alat tes air liur yang bisa mendeteksi virus corona Covid-19 kurang dari 15 menit. Pihaknya mengira alat tes ini kemungkinan besar akan tersedia sebelum Natal 2020 nanti.

Para pejabat Inggris mengatakan tes air liur ini diharapkan bisa membantu perkantoran dan sekolah bisa tetap beroperasi selama gelombang kedua virus corona.

Tes air liur ini juga diharapkan bisa membantu meringankan pedoman isolasi yang ketat. Sehingga seseorang bisa mengujungi keluarga atau kerabat dekatnya yang sudah diisolasi lama atau menjalani tes air liur tersebut.

Beberapa alat tes telah diuji coba di seluruh wilayah Inggris. Uji coba lapangan ini berlangsung setelah alat tes melewati pemeriksaan ketat di laboratoirum pemerintah.

Para pelajar di Universitas De Montford dan Durham sudah menggunakannya. Bahkan anak-anak di tiga sekolah di wilayah selatan Inggris juga sudah menggunakannya.

Ilustrasi rapid test virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi rapid test virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai target uji coba, yakni setiap tes air liur pada 10 ribu orang dalam hitungan minggu.

"Alat tes ini sangat menarik, karena cepat dan relatif lebih murah. Kami bisa mengetahui hasilnya hanya dalam hitungan 15 menit," kata seorang sumber pemerintah Inggris menyadur dari laman The Sun, Sabtu (24/10).

Ia juga mengatakan alat tes virus corona ini juga tidak rumit. Seseorang bisa melakukannya di sekolah atau tempat kerja tanpa pelatihan atau peralatan khusus.

Caranya, pengguna cukup mengambil kapas untuk mengusap bagian dalam mulut atau lubang hidung. Lalu, mencampurkannya dengan larutan.

Lalu, tempatkan beberapa tetes pada alat pengujian dan garis akan terbentuk dalam 15 menit untuk menunjukkan positif atau negatif virus corona.

Para ilmuwan juga sudah memberikan satu set alat atau kit pengujian virus corona itu pada anak remaja. Supaya, mereka lebih mudah menggunakan dan mewaspadai kondisinya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini