Info

Penelitian Temukan Kulit Jeruk Bisa Cegah Virus Corona, Ini Alasannya!

Sebuah penelitian menemukan senyawa dalam kulit jeruk bisa membantu melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

<p><em><a href=Ilustrasi jeruk. [Pixabay]

">

Himedik.com - Saat ini belum ada obat yang dipatenkan untuk membantu orang yang terinfeksi virus corona Covid-19. Sejumlah vaksin virus corona pun masih dalam tahap pengujian.

Tapi, penelitian dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan senyawa hesperidin dalam kulit jeruk bisa memblokir virus corona memasuki sel inang melalui reseptor ACE2 yang bisa mencegah infeksi.

"Aktivitas anti-virus dari hesperidin merupakan pilihan pengobatan yang baik untuk virus corona Covid-19 melalui peningkatan kekebalan sel tubuh terhadap infeksi dan aktivitas anti-inflamasi yang baik," tulis para peneliti dikutip dari Express.

Sehingga senyawa ini bisa membantu mengendalikan badai sitokin dalam tubuh. Badai sitokin adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.

Pada beberapa orang dengan virus corona Covid-19, sistem kekebalan melepaskan pembawa pesan kekebalan yang disebut sitokin ke dalam aliran darah.

Jeruk, kulit jeruk (Pixabay/Pixel2013)
Jeruk, kulit jeruk (Pixabay/Pixel2013)

Ketika itu terjadi, sistem kekebalan akan menyerang jaringan tubuh itu sendiri, yang berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan.

"Badai sitokin bisa memicu respons peradangan yang berlebihan sekaligus bisa merusak hati, pembuluh darah, ginjal dan paru-paru. Hal ini juga meningkatkan pembentukan gumpalan darah di seluruh tubuh," jelas Harvard Health.

Pada akhirnya, badai sitokin ini bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh akibat virus corona Covid-19.

Dr Philippa pun merasa senang bisa menemukan manfaat kulit jeruk untuk melindungi tubuh tertular virus corona. Tapi, penelitian ini hanya melihat manfaat dari senyawa kulit jeruk, bukan jeruk itu sendiri.

Jadi, belum diketahui minum jus jeruk setiap hari bisa memberikan manfaat serupa atau tidak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mencari tahu segelas jus jeruk bisa membantu melindungi tubuh dari virus atau tidak.

Berita Terkait

Berita Terkini