Info

Antisipasi Efek Samping Vaksin Covid-19, CDC Bikin Pedoman Baru!

CDC membuat pedoman baru untuk mengatasi efek samping vaksin virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin virus corona Covid-19 memiliki efek samping sama seperti vaksin jenis lainnya, biasanya bersifat ringan dan hanya singkat. Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit (CDC) pun membuat panduan baru untuk mengelola efek samping vaksin Covid-19

"Anda mungkin mengalami beberapa efek samping yang merupakan tanda normal tubuh sedang membangun perlindungan," menurut panduan CDC dikutip dari Fox News.

Amerika Serikat memegang persetujuan darurat pertama untuk vaksin virus corona Covid-19, setelah Food and Drug Administration (FDA) menguatkan semua panel penasihat untuk mendukung vaksin virus Pfizer/BioNTech.

Pada minggu lalu, pejabat FDA mengatakan hanya mereka yang memiliki reaksi alergi serius terhadap vaksin atau alergi terhadap bahan-bahan vaksin Pfizer harus menghindari suntikan tersebut.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

"Kami memberi tahu semua orang untuk suntik vaksin, kecuali mereka yang memiliki reaksi alergi parah pada vaksin dan salah satu komponen di dalamnya," kata Dr Peter Marks, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA.

CDC mengatakan efek samping umum dari vaksin Covid-19, termasuk rasa sakit dan bengkak di tempat suntikan. Selain itu, seseorang mungkin mengalami demam, menggigil, kelelahan, dan sakit kepala setelah vaksin.

Meskipun efek samping vaksin ini berlangsung pendek dan akan sembuh dengan sendirinya, badan kesehatan federal menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang obat-obatan yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau asetaminofen untuk mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Langkah-langkah lain untuk mengurangi rasa sakit, termasuk menempatkan kain lap basah yang dingin di atas lengan atau melatih lengan, sesuai dengan pedoman CDC.

CDC juga menyarankan Anda tetap menjaga tubuh terhidrasi dan berpakaian ringan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam. CDC pun mengatakan beberapa efek samping mungkin terasa seperti flu.

Jika kemerahan atau nyeri di tempat suntikan memburuk setelah sehari, gejala tetap ada atau efek samping memicu kecemasan, CDC menyarankan Anda untuk menghubungi layanan kesehatan.

Vaksin Pfizer memerlukan dua dosis yang diberikan dengan jarak beberapa minggu, mirip dengan kandidat vaksin Moderna. CDC mengatakan untuk mendapatkan kedua dosis, bahkan jika efek samping muncul setelah suntikan awal, kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya.

Pekerja kesehatan dan penghuni panti jompo akan menjadi orang pertama yang menerima vaksinasi Covid-19. Pejabat AS mengatakan masyarakat umum akan memiliki dosis yang tersedia beberapa bulan hingga 2021.

Sementara menunggu jadwal vaksin Covid-19, para ahli kesehatan tetap mendesak masyarakat untuk terus memakai masker, jaga jarak, menjaga kebersihan tangan, dan menghindari keramaian.

Berita Terkait

Berita Terkini