Info

Waspada, Pakai Kaus Kaki saat Tidur Bisa Picu Berbagai Masalah Kesehatan

Pemakaian kaus kaki saat tidur memang bukan hal aneh, namun kebiasaan ini nyatanya bisa berisiko pada kesehatan. Kok bisa?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Tidur pakai kaus kaki/pexels
Tidur pakai kaus kaki/pexels

Himedik.com - Saat kedinginan di malam hari, kaus kaki mungkin bisa menjadi barang ampuh untuk menghangatkan kaki Anda.  Sayangnya memakai kaus kaki saat tidur nyatanya memicu berbagai masalah kesehatan yang tak terduga.

Melansir dari Healthline, memakai kaus kaki semalaman justru bisa mengganggu pola tidur Anda sekaligus memengaruhi detak jantung Anda. Menurut Dr Pritam Moon, dokter konsultan di rumah sakit Wockhardt, Mumbai, berikut beberapa konsekuensi saat Anda tidur dengan kaus kaki, antara lain:

1. Tekanan Darah Tinggi

Mengenakan kaus kaki saat tidur diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, mengenakan kaus kaki juga dapat menurunkan aliran darah jika dipakai dalam waktu yang sangat lama.

2. Mengganggu Kebersihan Kaki

Tidur dengan kaus kaki dapat menyebabkan kebersihan kaki yang buruk. Jika kaus kaki Anda terlalu ketat atau tidak dibersihkan secara rutin, maka mungkin kaki tidak bisa bernapas dengan baik.

3. Meningkatkan Risiko Infeksi Kulit

Mengenakan kaus kaki berbahan nilon atau bahan lain yang tidak sesuai dengan kulit dapat meningkatkan risiko infeksi jika dikenakan dalam waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, Anda harus memilih kaus kaki yang ramah untuk kulit.

Coba pilih kaus kaki yang terbuat dari katun dan gantilah secara teratur.

4. Meningkatkan Suhu Tubuh

Mengenakan kaus kaki yang tepat sangat penting karena jika tidak, kaus kaki akan menyebabkan kepanasan. Jika Anda mengenakan kaus kaki yang ketat, suhu tubuh Anda juga dapat meningkat.

5. Mengganggu Tidur

Mengenakan kaus kaki ketat bisa membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu tidur nyenyak Anda.

"Jika kulit Anda sensitif, tanyakan kepada dokter apakah Anda harus memakai kaus kaki ke tempat tidur atau tidak. Melakukannya dapat menyebabkan iritasi kulit jika Anda memakai jenis kaus kaki yang salah," kata Dr Moon.

Berita Terkait

Berita Terkini