Info

Waspada Infeksi Jamur Vagina, Cegah dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Berbagai makanan bisa mencegah masalah infeksi jamur vagina yang sangat mungkin terjadi pada perempuan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi organ intim, vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi organ intim, vagina. (Shutterstock)

Himedik.com - Setidaknya 75 persen perempuan mengalami masalah tersebut setidaknya sekali dalam seuumur hidup. Namun, meski infeksi tersebut bukan penyakit menular seksual, namun bisa mengganggu karena muncul sebagai melainkan gangguan flora normal di area vagina.

Akibatnya Anda bisa merasa gatal hingga sensasi panas pada vagina. Melansir dari Healthsots, ada beberapa makanan yang bisa menghindari dari infeksi jamur vagina, antara lain:

1. Produk susu

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mycopathologia menemukan bahwa pada wanita dengan infeksi jamur yang menerima probiotik oral dan vagina, mirip dengan yang ada di keju, insiden infeksi ulang berkurang menjadi 31 persen.

"Makan makanan dengan organisme lactobacillus acidophilus, seperti yoghurt atau susu acidophilus, dapat membantu Anda dalam mencegah infeksi jamur," kata Dr Namita Nadar, Kepala Ahli Nutrisi di Fortis Hospital Noida, India.

2. Minyak kelapa murni

Tidak seperti minyak kelapa biasa, minyak kelapa murni lebih segar, murni, dan bebas dari penyulingan kimiawi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Tufts University menemukan bahwa minyak kelapa bisa sangat efektif melawan Candida albicans ragi patogen yang menyebabkan infeksi.

"Minyak kelapa adalah makanan yang baik untuk mengurangi infeksi jamur. Dan itu bisa digunakan secara lisan dan topikal," imbuh Dr Nadar.

3. Bawang putih

Bawang putih yang berbau menyengat dapat membantu Anda mencegah infeksi jamur.

"Bawang putih sangat bermanfaat untuk menekan infeksi jamur," ujarnya.

4. Kunyit

Bahan utama dalam kunyit adalah kurkumin.  "Senyawa tanaman ini dapat dicerna atau dioleskan secara lokal untuk mengendalikan dan menghindari infeksi jamur," kata Dr. Nadar.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga dapat membantu Anda mengatasi infeksi jamur.

"Komponen asam dari cuka sari apel dapat membantu mengurangi infeksi. Tambahkan ke air hangat dan minumlah. Anda juga bisa menambahkannya ke air mandi untuk menghilangkan infeksi," ujar dokter Nadar.

Berita Terkait

Berita Terkini