Info

Bakar Lemak saat Tidur, Coba Minum 2 Cangkir Teh Oolong Setiap Hari

Minum 2 cangkir teh oolong setiap hari bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya membakar lemak saat tidur.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi teh oolong (Pixabay/chezbeate)
Ilustrasi teh oolong (Pixabay/chezbeate)

Himedik.com - Teh oolong merupakan salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebuah penelitian menemukan minum dua cangkir teh oolong sehari bisa membantu menghilangkan lemak saat tidur.

Para ilmuwan menemukan bahwa teh oolong bisa meningkatkan metabolisme Anda saat tidur. Sehingga tubuh bisa membakar kalori selama tidur.

Sama seperti semua teh lainnya, teh oolong mengandung kafein yang telah terbukti meningkatkan pemecahan lemak sekitar 20 persen.

Tetapi, para ahli menemukan minuman khusus kafein bisa berhenti bekerja saat Anda tertidur. Sementara, teh oolong ini terus mendorong metabolisme Anda tetap berfungsi selama tidur.

"Efek stimulasi teh oolong pada pemecahan lemak selama tidur dapat memiliki relevansi klinis yang nyata untuk mengontrol berat badan," kata Prof Tokuyama, dari Tsukuba University, Jepang dikutip dari The Sun.

Ilustrasi berat badan. (Shutterstock)
Ilustrasi berat badan. (Shutterstock)

Selama penelitian Prof Tokuyama, tidak ada perbedaan yang mencolok dalam pola tidur atau waktu yang dibutuhkan peserta uji coba untuk tertidur, baik mereka yang minum teh oolong atau larutan tiruan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minuman tersebut tidak mungkin mengganggu istirahat malam Anda yang nyenyak.

Bahkan manfaat kesehatan dari minum teh oolong ini juga telah berkembang secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Semua varietas telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung, kanker dan alzheimer.

Meskipun, teh hijau dan teh oolong berasal dari daun tanaman yang sama serta memiliki nutrisi sangat mirip. Tapi dilansir dari Hellosehat, perbedaan proses pengolahan kedua teh berpengaruh terhadap kandungan nutrisi pada produk akhirnya.

Teh hijau yang diseduh tanpa pemanis tambahan tidak mengandung kalori, lemak, protein dan karbohidrat. Kandungan yang banyak terdapat pada teh hijau adalah kafein, antioksidan katekin, mineral berupa kalium dan fluor.

Seperti halnya teh hijau, teh oolong pun tidak mengandung kalori, lemak, protein dan karbohidrat. Teh oolong kaya akan antioksidan berupa polifenol, theaflavin dan katekin. Selain itu, minuman ini juga mengandung fluor, mangan, magnesium, kalium dan kafein.

Berita Terkait

Berita Terkini