Info

10 Manfaat Jalan Kaki yang Harus Anda Tahu

Mulai sekarang, perbanyak jalan kaki, yuk!

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jalan kaki. (Pixabay/schroederhund)
Ilustrasi jalan kaki. (Pixabay/schroederhund)

Himedik.com - Selain mudah, jalan kaki adalah aktivitas fisik yang paling murah. Bahkan jika dijadikan kebiasaan sehari-hari, dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh.

Nah, buat kamu yang masih belum membiasakan diri jalan kaki dalam aktivitas sehari-hari, ini 10 manfaat jalan kaki yang harus kamu tahu, seperti dikutip dari laman Healthline.

1. Membakar kalori
Jalan kaki sangat berguna untuk membakar kalori. Tentu saja hal ini sangat baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan atau sedang diet. Pembakaran kalari pada tubuh dengan jalan kaki tergantung pada beberapa faktor, seperti kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, kondisi jalanan, berat badan, dan lain-lain.

2. Menguatkan kondisi jantung
Jalan kaki juga sangat baik bagi jantung. Jalan kali kaki setidaknya 30 menit dalam sehari, dapat megurangi risiko jantung koroner sekitar 19 persen. Semakin sering seseorang berjalan kaki, akan semakin sehat juga kondisi jantungnya.

3. Membantu menurunkan gula darah
Sebuah penelitian menemukan bahwa jalan kaki selama 15 menit tiga kali sehari (setelah sarapan, makan siang, dan makan malam) dapat menurunkan kadar gula darah lebih banyak daripada berjalan kaki selama 45 menit sekaligus di siang hari.

Jalan kaki. (shutterstock)
Jalan kaki. (shutterstock)

4. Meredakan nyeri sendi
Nyeri sendi kadang membuat seseorang semakin malas untuk berjalan kaki. Padahal, dengan jalan kaki, justru dapat membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul. Itu karena jalan kaki membantu melumasi dan memperkuat otot yang menopang persendian. Selain itu, jalan kaki 7 hingga 8 kilometer seminggu juga dapat membantu mencegah radang sendi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Jalan kaki dipercaya dapat mengurangi risiko terkena flu. sebuah studi melacak 1.000 orang dewasa selama musim flu. Mereka yang berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 hingga 45 menit sehari, mengalami 43 persen lebih sedikit hari sakit dan lebih sedikit mengalami infeksi saluran pernapasan bagian atas secara keseluruhan.

Berita Terkait

Berita Terkini