Info

10 Manfaat Jalan Kaki yang Harus Anda Tahu

Mulai sekarang, perbanyak jalan kaki, yuk!

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jalan kaki. (Pixabay/schroederhund)
Ilustrasi jalan kaki. (Pixabay/schroederhund)

6. Meningkatkan energi
Jalan kaki akan meningkatkan aliran oksigen pada tubuh sehingga memberikan energi lebih. Jalan kaki dapat meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan norepinefrin yang membantu meningkatkan tingkat energi.

7. Meningkatkan suasana hati
Selain baik untuk fisik, jalan kaki juga dapat menjaga kesehatan mental. Studi menunjukkan, jalan kaki dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif. Selain itu, dengan jalan kaki dapat meningkatkan harga diri seseorang dan membuatnya lebih percaya diri.

8. Memperpanjang harapan hidup
Para peneliti menemukan bahwa berjalan kaki dengan kecepatan rata-rata dibandingkan dengan kecepatan lambat menghasilkan 20 persen penurunan risiko kematian secara keseluruhan. Namun, orang yang berjalan kaki dengan cepat justru dapat menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, jalan kaki yang dilakukan haruslah santai dan tidak terburu-buru.

9. Memperkuat otot kaki
Jalan kaki dapat memperkuat otot kaki. Selain itu, otot kaki juga dapat dilatih dengan berbagai latihan seperti bersepeda, lari, squat, lunge, dan leg curl.

10. Membantu berpikir kreatif
Sebuah studi yang mencakup empat eksperimen membandingkan orang yang mencoba memikirkan ide-ide baru saat mereka berjalan atau duduk. Peneliti menemukan peserta melakukannya lebih baik saat sedang berjalan kaki, terutama saat berjalan di luar ruangan. Oleh karena itu, jalan kaki akan membuat otak berpikir kreatif. (Fajar Ramadhan)

Berita Terkait

Berita Terkini