Info

Hentikan 8 Kebiasaan dan Makanan Berikut, Bisa Bikin Perut Buncit!

Perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan namun juga kesehatan, simak berbagai penyebabnya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi perut buncit - (Pixabay/jarmoluk)
ilustrasi perut buncit - (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Perut buncit bisa dipicu dari konsumsi makanan maupun kebiasaan tertentu. perut buncit sendiri bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga berisiko bagi kesehatan. Lemak perut atau lemak visceral mengelilingi hati dan organ lain.

Melansir dari Mdlinx, lemak visceral bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Lemak ini juga dapat memengaruhi pembuluh darah dan kualitas tidur.

Berikut beberapa kebiasaan atau asupan yang bisa membuat perut buncit dan menumpuk lemak visceral, antara lain:

1. Makanan dan minuman manis

Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)

Permen, kue, yogurt beku, soda, minuman kopi beraroma, dan teh manis umumnya dianggap memiliki tambahan gula yang tinggi. Gula tambahan ini mengandung kandungan fruktosa tinggi pula.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan fruktosa yang tinggi dapat mengurangi laju metabolisme dan pembakaran lemak. Oleh karena itu, mengonsumsi lebih banyak gula tambahan kemungkinan akan membuat perut tambah gemuk.

2. Makanan olahan

Perut yang buncit kerap kali menjadi masalah bagi banyak orang.
Perut yang buncit kerap kali menjadi masalah bagi banyak orang.

Makanan olahan dari tepung olahan mudah dicerna dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan insulin dengan cepat setelah makan. Makanan ini juga memiliki kandungan garam dan pengawet yang tinggi.

3. Fisik yang tak aktif

Gaya hidup menetap tetap menjadi penyebab utama peningkatan obesitas perut. Wanita yang duduk terus menerus selama lebih dari tiga jam berada pada peningkatan risiko obesitas perut.

4. Kurang tidur

Tidur kurang dari lima jam dapat menyebabkan penambahan berat badan. Demikian pula, tidur lebih dari delapan jam juga melakukan hal yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini